Pedagang Buku Tak Mau Pindah Sebelum Pemko Medan Penuhi Janji Revitalisasi

MENARAnews, Medan (Sumut) – Para pedagang yang berada di Titi Gantung, Medan kaget ketika petugas Satpol PP datang, Kamis (4/2/16). Kedatangan Satpol PP ini hendak menggusur mereka dengan alasan karena berdagang diatas cagar budaya. 

Namun penggusuran akhirnya batal dilaksanakan karena beberapa pedagang buku menentang mereka. Ketua Persatuan Pedagang Buku Lapangan Merdeka (P2BLM) Medan H. Sainan mengatakan. Pedagang tidak akan mengangkat brang dagangannya sebelum mereka dipindahkan kembali ke sisi timur Lapangan Merdeka Medan. 

Petugas Satpol PP datang sekitar pukul 15.00 langsung mengepung dari arah masuk dan keluar titi gantung. Keterangan dari pedagang, petugas Satpol PP langsung dipimpin Kasatpol PP Medan M. Sofyan.

Sofyan mengatakan apabila pedagang tidak mengangkat barangnya hingga besok, maka Satpol PP akan menggunakan tindakan paksa untuk menggusur mereka. 

Namun pedagang tetap menolak untuk pindah karena memiliki perjanjian dengan Pemko Medan. Khususnya Pedagang Buku, mereka mengatkan memiliki perjanjian dengan Pemko Medan.

“Kami punya kesepakatan dengan Pemko Medan, dan itu dihadiri oleh Komnas HAM, namun sampai sekarang kami belum juga dipindahkan,” ujar Ida selaku wakil Ketua P2BLM. 

Data MENARAnews mencatat perjanjian Pedagang dengan Pemko Medan, seharusnya pedagang sudah pindah ke kios yang baru yang berada di Lapangan Merdeka pada bulan Mei 2015. 

Ida menegaskan, para pedagang mau pindah dari Titi Gantung apabila tuntutan mereka tentang penambahan dan perbaikan kios dipenuhi oleh Pemko Medan.

“Kami mau pindah, tapi penuhi dulu tuntutan kami tentang 64 kios tambahan untuk di Lapangan Merdeka,” ujarnya. 

Dihadapan para pewarta, Ida mengungkapkan kekesalannya. Dia mengatakan agar para ejabat tak semena-mena terhadap rakyat kecil.

“Kalok jadi pejabat itu jangan semena-mena sama rakyat kecil. Ingat kelen yah pejabat, kalau rakyat sudah bersatu, maka rakyat tak bisa dikalahkan,” tukasnya. 

Untuk diketahui, hingga kini pedagang buku masih menunggu kepastian dari Pemko Medan untuk kembali pindah ke kios yang telah direvitalisasi di sisi timur Lapangan Merdeka. Pedagang buku masih menempati kios sementara yang berada di Jalan Pegadaian dan Titi Gantung Medan. Sejak di relokasi, pedaang mengalami penurunan penjualan yang berimbas pada penghasilan pedagang. (yug)

{adselite}

Comments
Loading...