Pangdam II/Sriwijaya Akan Segera Resmikan 3 Orgas Satuan

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Purwadi Mukson, Senin pagi (15/2) akan meresmikan 3 satuan, yakni Validasi Yonarmed 15/76 MM/Tarik/Cailendra menjadi Yonarmed 15/105 MM/Tarik/Cailendra, penyesuaian Orgas Yonkav 5/Serbu menjadi Yonkav ROK 2011 dan Peresmian Pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yonarhanud 12/Satria Bhuana Prakasa, bertempat dilapangan Makodam II/Swj.

Untuk kesiapan peresmian satuan Kodam II/Swj tersebut, Jum’at (12/2) telah dilakukan geladi upacara di Makodam II/Swj. Dalam pelaksanaan geladi tersebut, melibatkan berbagai satuan yang ada di jajaran Kodam II/Swj, antara lain pasukan dari Yonkav 5/Serbu, Yonarmed 15/105, Yon Arhanud 12/SBP, Kompi gabungan prajurit Makodam II/Swj dan PNS Kodam II/Swj.

Upacara peresmian satuan jajaran Kodam II/Swj ini rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Walikota Palembang, Komandan Pusat Kesenjataan Armed TNI AD, Kesenjataan Kavaleri TNI AD dan Kesenjataan Arhanud TNI AD, para Pejabat TNI/Polri di Sumsel, serta tamu undangan lainnya.

Wakapendam II/Swj, Letkol Inf. Paiman, menjelaskan bahwa Validasi Yonarmed 15/76 MM/Tarik/Cailendra menjadi Yonarmed 15/105 MM/Tarik/Cailendra yang berlokasi di Martapura sesuai dengan Perkasad No. 59 Ttahun 2015 tanggal 11 November 2015, penyesuaian Orgas Yonkav 5/Serbu menjadi Yonkav ROK 2011 yang berlokasi di Karangendah – Prabumulih sesuai hasil evaluasi Perkasad No. 95 Tahun 2014.

Sedangkan pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yonarhanud 12/Satria Bhuana Prakasa yang berlokasi yang berlokasi di Jalan Lintas Raya Palembang – Betung Km 18 Ds. Sukamoro Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin (eks Markas Yonif 200/Raider – Serong) sesuai dengan Perkasad No. 60 Tahun 2015 tanggal 19 November 2015.

Validasi, penyesuaian, dan pengembangan satuan ini, menurut Paiman merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postrur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF).

“Sejalan dengan hal tersebut, TNI AD khususnya Kodam II/Swj, terus berupaya meningkatkan kemampuannya untuk menjawab tantangan dan tuntuan tugas dengan melakukan penataan organisasi melalui validasi dan penyesuaian orgas serta pengembangan satuan yang berorientasi pada profesionalisme prajurit dan optimalisasi keberhasilan pelaksanaan tugas”, pungkasnya. (AD)

Comments
Loading...