spot_img

Palangka Raya Miliki Kampung KB

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Program Kampung Keluarga Berencana (KB) yang disarankan oleh pemerintah pusat ternyata langsung ditindaklanjuti oleh Pemko Palangka Raya. Kamis, (25/2/2016) Walikota Palangka Raya meresmikan Kelurahan Tumbang Rungan sebagai Kampung KB.

Kepala Pemberdayaan masyarakat, Perempuan dan KB, Drs Aratuni yang menghadiri persmian itu mengatakan sesuai arahan presiden RI setiap wilayah diwajibkan memiliki kampung KB guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Pelaksaan tersebut didasarkan oleh anggaran perencanaan KB, ini adalah tindak lanjut program nasional yang dicanangkan pemeritah, yang mengharuskan ada satu kampung KB dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan wacana 2 anak cukup,” ujarnya saat diwawancarai MENARAnews.

Lanjutnya, kegiatan peresmian kali ini dilakukan sekaligus dengan program Pemko Palangka Raya maja lewu yang artinya mengunjungi kampung. Peresmian Kampung KB juga dihadiri oleh Deputi KB/NR pusat.

“Tujuannya untuk membangkitkan rasa memiliki dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam menyampaikan permasalahannya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palangka Raya,” tandasnya.

Sedangkan, Deputi bidang KB/KR RI Dr. Sanjoyo Mec mengatakan, tujuan pencanangan Kampung KB di setiap daerah adalah meningkatkan taraf hidup masayarakat terutama didaerah perkampungan.

“Program KB bisa berkembang di wilayah tertinggal, terpencil dan pesisir, apabila semua bisa saling bersinergi baik antara pemerintah maupun warga dilapangan, artinya semua pihak harus saling mendukung program tersebut,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, pemerintah kota bisa menjalakan secara teknis di lapangan dengan menggunakan anggaran APBD dan jangan sampai behenti di tengah jalan.

Sementara itu, Walikota Palangka Raya HM Riban Satia menghimbau kepada seluruh instansi terkait untuk bersunguh-sungguh menjalankan Program Kampung KB dengan sebaik mungkin agar wacana dua anak cukup bisa dapat tersosialisasi dengan baik.

“Saya harapkan semua pihak bisa saling bersinergi, pro aktif dalam pelaksanaannya, kita juga yakin program ini bisa berhasil dengan dukungan masyarakat itu sendiri. Pemko akan berupaya keras mewujudkan program kampung KB bisa berjalan dengan baik,” singkatnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

{adselite}

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles