spot_img

Medan Youth Meetiing Akan Bahas Program Berkelanjutan di Kota Medan

 

MENARAnews, Medan (Sumut) – Panitia Medan Youth Meeting (Pertemuan Pemuda Kota Medan) akan menggelar pertemuan antar komunitas pemuda di Kota Medan dan membahas apa saja yang menjadi permasalahan Kota Medan dari perspektif pemuda.

Menindaklanjuti kegiatan Asia Pacific Urban Forum Youth Assembly (APUFY) 2015 pada Oktober tahun lalu, empat orang perwakilan asal Sumatera Utara berinisiatif untuk membahasnya di Kota Medan. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung pada pertengahan bulan April.

Adapaun topik pembahasan dirampingkan dalam lima isu, yakni Manajemen Sampah, Keterlibatan Pemuda dalam Pengambilan Keputusan dan Pembangunan Infrastruktur, Pemuda Tanggap Bencana, Kesiapan dan Kesadaran Pemuda Menuju Kota Hijau dan Keterlibatan Pemuda dalam Pendidikan dan Budaya menuju Pembangunan yang Berkelanjutan.

Kelima topik tersebut akan digiring dalam satu tema kegiatan dan menjadi tema besar Medan Youth Meeting (MYM), yaitu Menuju Agenda Baru Perkotaan.

Selain ingin mengumpulkan pemuda-pemudi, kegiatan ini juga akan membuka pemikiran baru dari pesertanya untuk bisa berkontribusi secara langsung terhadap permasalahan yang ada di Kota Medan.

Hasil pembahasan dari pertemuan ini juga akan diserahkan kepada pemerintah Kota Medan untuk dipertimbangkan dan ditindaklanjuti. Selanjutnya pemuda akan semakin terlibat dalam setiap agenda pembangunan berkelanjutan oleh pemerintah demi terwujudnya Kota Medan yang bersahabat bagi warganya.

Kegiatan ini juga diadakan terpisah di lima kota liannya, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Pekanbaru. Sebagai puncak acara, pertemuan secara Nasional juga akan diselenggarakan di Jakarta dengan mengundang masing-masing pemuda dari setiap daerah.

Desi Lia Saragih, Sekretaris Panitia MYM mengatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi wadah bagi pemuda Kota Medan untuk berdiskusi dan memberikan sumbangsih pemikiran terhadap arah pembangunan Kota Medan.

“Saatnya pemuda lebih responsif dalam setiap kebijakan pemerintah dan turut ikut campur dalam pembangunan yang berkelanjutan,” ucapnya kepada MENARAnews (2/2).

Perlu diketahui, pada akhir 27 September 2015 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah memperbaharui agenda Millenium Development Goals (MDGs) atau disebut Tujuan Pembangunan Milenium menjadi Sustainable Development Goals (SDGs) atau disebut Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Adapun isi SDGs terdiri atas 17 tujuan utama permasalahan secara global yang harus segera diatasi hingga tahun 2030. Diantara ketujuhbelas tujuan tersebut sudah termasuk lima diantara topik yang akan dibahas pada Medan Youth Meeting. (ded)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles