spot_img

IMADA Laksanakan Bakti Sosial kepada Warga Dairi

MENARAnews, Dairi (Sumut) – Puluhan mahasiswa/i Medan asal Kabupaten Dairi  melaksakan Bakti Sosial di Desa Parongil, Kecamatan Silima Pungga-pungga disambut baik oleh masyarakat.

Pada tahun ini Badan Pengurus Harian berserta Panitia dengan ketua Adrianus Situmorang, mengangkat tema Kegiatan Bakti Sosial IMADA (Ikatan Mahasiswa Dairi) 2016 ini dengan tema Sehat itu Investasi. Tema kegiatan ini diangkat dengan harapan masyarakat semakin mengerti akan pentingnya kesehatan dan termotivasi untuk berperilaku hidup sehat sehingga tercipta kualitas hidup yang lebih baik secara khusus di masyarakat Dairi. Pada kesempatan kali ini IMADA melaksanakan kegiatan selama dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 4 hingga 5 Februari, bertempat di Kecamatan Silima Pungga-Pungga.

Peningkatan kesehatan masyarakat bukan hanya tugas pemerintah saja, komponen masyarakat juga memiliki peran penting dalam proses mewujudkan hal tersebut. Sebagai insan akademis, Ikatan Mahasiswa Dairi memiliki tanggung jawab moral untuk ikut bergandengan tangan bersama pemerintah untuk ikut mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat tersebut. Dengan alasan diatas, IMADA sebagai organisasi mahasiswa yang bergerak pada bidang sosial dan pendidikan termotivasi untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Dairi.

Sesuai penjelasan Adrianus Situmorang sebagai ketua panitia menuturkan Silima Pungga-pungga dipilih sebagai tempat melaksanakan Bakti Sosial atas dasar rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi bahwa tingkat kesadaran akan perilaku hidup sehat tergolong rendah, dilihat dari fasilitas jamban di tiap rumah tangga belum merata dan saluran drainase  yang kurang bagus. Dilain sisi Adrianus juga mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota IMADA dan kepedulian terhadap masyarakat Dairi.

Acara dibuka oleh  Ketua Panitia dan BPH IMADA diwakili oleh Toman Sihombing di Aula Kantor Camat Silima Pungga-Pungga. Turut hadir juga Bapak Boangmanalu Camat Silima Pungga-Pungga dan Bapak L.Limbong Kapolsek Silima Pungga-Pungga, serta Kepala UPT Puskesmas Parongil.

Masyarakat Kecamatan Silima Pungga-pungga dari berbagai kalangan baik orang tua serta siswa pelajar SMA Negeri 1 Silima Pungga-pungga sangat antusias mengikuti acara Penyuluhan Kesehatan dan Seminar tentang lingkungan yang sehat untuk investasi masa depan dengan pemateri Mika Vera Aritonang, S.Kep, Ns, M.Kes.

Penyuluhan Kesehatan dan Seminar diadakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan perilaku hidup sehat dan memotivasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat serta menginvestasikan kesehatan melalui perilaku hidup yang sehat.

Lebih lanjut, IMADA juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, diantaranya pemeriksaan gigi, pemeriksaan kolestrol, pemeriksaan gula darah, dan pemeriksaan tekanan darah. Panitia yang berfokus pada studi kesehatan juga melakukan sosialisasi secara langsung kepada anak-anak dan orang tua mengenai bahaya narkoba, bahaya merokok, SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), bahaya BABS (Buang Air Besar Sembarangan) dan sosialisasi mengenai pentingnya cuci tangan yang bersih.

Pemerintah setempat diwakili oleh Camat Silima Pungga-pungga mengatakan kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan tergolong sangat rendah dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Kami berharap agar kedepannya kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kesehatan lebih sering dilaksanakan sehingga dengan demikian masyarakat semakin mengerti menjaga serta meningkatkan kualitas kesehatan,” ujarnya saat memberi sambutan.

Pada hari kedua, IMADA melakukan kegiatan gotong royong bersama masyarakat Desa Lae Pangaroan untuk membersihkan lingkungan sekaligus diakhiri dengan menanam pohon.

Ketua IMADA, Benny Hasugian menuturkan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian. “Sebagai mahasiswa kita harus turut mengambil bagian dalam peningkatan kesehatan dan mewujdukan pengabdian di daerah asalnya,” kata mahasiswa  FISIP USU tersebut. 

Benny juga berpesan agar Bakti Sosial ini bisa menjadi program rutin tahunan Ikatan Mahasiswa Dairi dengan harapan bisa menjangkau desa dan wilayah lain di Kabupaten Dairi. (ded)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles