spot_img

Gerhana Matahari Total Akan Terlihat di Palangka Raya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bersama dengan Dinas Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) akan melakukan persiapan menyambut momen langka yang terjadi hanya dalam enam tahun sekali yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Melalui Kepala Dinas Pariwisata Kota Palangka Raya H. Afendi, pihaknya akan melakukan persiapan Eclipse Event yang akan diisi dengan berbagai makanan khas daerah kalteng dan juga seni budaya kahas Borneo guna menarik wisatawan asing untuk datang ke Palangka Raya.

“Dalam waktu dekat kami akan membuat sepanduk guna menarik wisatawan dan juga menampilkan kesenian daerah dengan mengundang beberapa sangar tari yang ada di Kota Palangka Raya,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (16/2/2016).

Lanjutnya, dalam acara yang akan digelar oleh Pemko di lapangan Sanaman Mantikei tersebut diharapkan bisa menambah pemasukan dana bagi pemerintah.

“Kita juga akan memanjakan turis wisatawan dengan mengumpulkan beberapa kafe di Sanaman Mantikei supaya saat menikmati GMT pusat keramaian bisa terfokus di sana,” tukasnya.

Dikatakannya, untuk saat ini ada beberapa hotel di Palangka Raya yang sudah banyak dipesan oleh turis wisatawan asing yang akan menyaksikan GMT, sebab Kota Palangka Raya adalah salah satu kota yang beruntung bisa melihat GMT secara langsung.

“Sementara ini Swiss-Belhootel sudah dibooking 83 kamar, Hotel Luwansa 47 kamar, dan Aquarius 15 kamar, jumlah itu kemungkinan bisa bertambah lagi sebab GMT masih terjadi pada 9 Mmaret mendatang,” katanya.

Dirinya memperkiraan wisatawan asing yang datang ke Kota Palangka Raya didominasi turis asal Jepang dan Aaustralia, maka dari itu pihaknya juga akan terus meningkatkan ekspos keunggulan yang dimiliki.

“Kita terus berupaya untuk menrik minat turis lebih banyak lagi, dan juga berusaha agar mereka akan datang berkunjjung ke Palangka Raya dengan panorama ekosistem pariwisata yang dimiliki Kalteng khusunya Palangka Raya,”ujarnya.

Di lain tempat, Setda Kota Palangka Raya Ir. Kandarani, mengatakan akan menyiapkan beberapa budaya khas Kalteng dan juga kuliner Kalteng untuk memanjakan para wisatawan asing yang datang.

“Kita akan berusaha menyuguhkan dan memanjakan para wisatawan asing yang datang untuk menyaksikan GMT di Kota Palangka Raya dengan kesenian daerah dan juga kuliner khas Kalteng yang rencananya akan dilaksanakan di Lapangan Sanaman Mantikei,” ucapnya saat diwawancara di Kantor Kemenag.(Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles