spot_img

Cegah Kanker Serviks Dengan Krioterapi

MENARAnews, Kesehatan – Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok para wanita. Banyak para wanita beranggapan bahwa menderita penyakit ini merupakan akhir dari dunia.

Namun jangan pesimis dulu, sebenarnya kanker ini dapat disembuhkan secara total, apabila kanker ini terdeteksi secara dini atau dalam kondisi lesi prakanker, yaitu dengan krioterapi atau metode pendinginan.

Untuk mengetahui hal tersebut, para wanita dianjurkan untuk melakukan deteksi dini karena kanker ini tidak datang secara tiba-tiba, tetapi melalui proses yang panjang dan seringkali penyakit ini tidak menimbulkan gejala sehingga pasien tidak menyadari menderita penyakit ini.

Deteksi ini kanker serviks ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan IVA (inspeksi visual asam asetat) dan pap smear.

“Apabila ditemukan lesi prakanker, cukup dilakukan krioterapi dengan dry ice dan alat khusus sehngga mencegah tidak terjadi kanker,” Prof. DR dr Soehartati Gondhowiardjo SpRad (K) Onk di RS Kanker Dharmais, Jakarta, Kamis (04/02/2016)

“Untuk melakukan deteksi dini, pasien dapat melakukan pemeriksaan IVA dan pap smear. Pemeriksaan itu juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker,” tambahnya.

Kanker serviks yang terdeteksi lebih awal akan lebih mudah untuk disembuhkan dan tidak membutuhkan dana yang besar. Selain itu, untuk mencegah penyakit ini para wanita diharapkan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (ADF)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles