spot_img

Bantuan Logistik Pengungsi Sinabung Terhenti, Erry : Coba Nanti Saya Tanya Lagi ke BNPB

MENARAnews, Medan (Sumut) – Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi tak mengetahui terhentinya pasokan logistik ke Posko-posko penampungan korban bencana erupsi Gunung Sinabung. Saat ditanyai Erry menjawab akan bertanya dulu ke BNPB.

“Soal bantuan Sinabung ya, coba nanti saya tanya lagi ke BNPB,” ujar Erry saat ditemui di Kantor Gubernur, Kamis (25/2/16).

Dikonfirmasi soal habisnya anggaran untuk pengungsi Sinabung, kembali lagi dia mengatakan akan berkoordinasi dengan BNPB.  

“Nanti akan saya tanyakan ke BNPB lagi ya,” ujarnya sambil berlalu.

Dilain tempat, Koordinator Posko penampungan korban erupsi Sinabung di Gedung Serbaguna KNPI Kabanjahe, Bali Ukur Ginting membenarkan bahwa bantuan logistik ke Posko penampungan telah terhenti hampir 2 minggu terakhir.

“Saat ini untuk di Kabanjahe sendiri ada 9 posko penampungan, dan semuanya juga sama,” ujar Bali saat dihubungi via seluler, Kamis (25/5/16).

Bali juga menjelaskan, terhentinya pasokan bantuan dikarenakan anggaran dari BNPB Pusat. Sebab, jelasnya, pihak BPBD belum menyerahkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) kepada pihak BNPB pusat.

“Kamaren sempat saya tanyakan ke pihak BPBD, mereka bilang anggaran belum turun dari pusat. Sebab mereka belum melaporkan LPJ tahun 2015,” sebut Bali.

Hal seperti ini diakui Bali baru pertama kali terjadi. Karena ditahun-tahun sebelumnya belum pernah bantuan logistik itu terhenti. Bali juga menduga ada tindak korupsi dalam penanganan bantuan korban erupsi. Terlebih lagi, sebelumnya Presiden RI, Joko Widodo sudah memberikan bantuan sebesar Rp 6 Miliar untuk penanganan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

Bantuan sudah disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pihak BNPB juga sudah menyerahkan bantuan itu kepada Bupati Karo di Kabanjahe, pada Selasa (23/6/16)

“Saya menduga ada yang tidak beres dalam pemberian bantuan ini. Sebab tahun-tahun sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi. Apalagi yang kita ketahui, Presiden sendiri juga memberi bantuan cukup besar untuk para korban Sinabung ini,” pungkasnya. (yug)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles