Tarif Dasar Listrik Sumut Turun

MENARAnews, Medan (Sumut)  – Awal tahun 2016, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menurunkan Tarif Dasar Listrik (TDL). Penurunan dilakukan untuk golongan 130p dan 2200 Va sebesar 11%. Humas PLN Sumut mengatakan penurunan ini terjadi karena menurunnya kurs dollar dan tingkat inflasi. Selain itu harga minyak dunia juga mempengaruhi TDL.

“Sejak November 2015 kemarin, untuk golongan 1300 dan 2200 Va kita sudah serahkan harga ke pasar. Artinya, tarif mengikuti kurs rupiah, harga minyak dunia dan tingkat inflasi, berapa rupiah per KwH. Nah, dari Desember ke Januari ada penurunan tarif sebesar 11 persen,” ujarnya Jumat (8/1).

TDL pada setiap bulannya akan diserahkan kepada mekanisme pasar. Karenanya harga TDL bisa berubah. “Setiap bulannya, sebelum kita menerima daftar tagihan listrik, tepatnya satu minggu sebelum keluar, kita sudah mengetahui berapa tarif listrik di pasar. Dan sejak November kemarin, ini cenderung mengalami penurunan,” katanya.

Selain itu PLN juga melakukan upaya mengatasi permasalahan listrik yang terjadi di masyarakat. Program ini juga sudah berjalan secara bertahap.

Sampai saat ini sudah 96% daerah di Sumatera Utara yang dialiri listrik. Artinya masih ada 4% lagi daerah yang belum dialiri listrik khususnya di wilayah terpencil. “Saya memang kurang pasti datanya, maksudnya data desanya ya. Tapi memang sejauh ini yang saya ketahui 96 persen sudah masuk listrik semua. Nah, yang belum itu, di beberapa desa di Nias, ada juga di Padang Lawas dan Langkat,” paparnya. 

Untuk mengatasi masalah daerah yang belum.mendapatkan listrik, pihaknya akakn terus berupaya secara maksimal. Sehingga tidak ada daerah yang tidak memiliki listrik nantinya.

Pihaknya sudah menyampaikan ini ke kementrian. Bagi PLN saat ini yang menjadi kendala adalah infrastruktur.”Infrastruktur juga sudah kita koordinasikan dengan pihak Pemkab, Pemko dan lainnya. Kita ingin semua bisa masuk aliran listrik,” tandasnya. (yug)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles