PTTUN tak Terima Gugatan REDI

MENARAnews, Medan (Sumut) – Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan tidak menerima gugatan yang dilayangkan pasangan calon walikota dan wakil walikota Medan Ramadhan Pohan – Eddie Kusuma, Selasa (12/1/16).

Keputusan untuk tidak menerima gugatan dibacakan oleh Hakim Ketua H. Ahmad Sayuti, SH, MH. Persidangan dihadiri dua orang penasehat hukum Ramadhan – Eddie. Amatan dilapangan, kondisi dalam ruangan persidangan tidak banyak dihadiri pendukung REDI. 

Penasehat hukum REDI Burhanuddin Batubara mengatakan, pihaknya mengatakan hari ini pengadilan tidak sependapat dengan mereka. Karena pokok gugatan tentang pembatalan hasil rekapitulasi perolehan suara bukan lah wewenang dari PTTUN. “Pengadilan tadi mengatakan bahwa, ini bukan menjdai wewenang mereka, bukan kompetensinya,” katanya. 

Namun Burhanuddin optimis pada tingkat kasasi nanti keputusan majelis akan berpihak kepada mereka. “Kita yakin, haqqul yaqin pada tingkat kasasi nanti, hak majelis kasasi akan berpihak ke penggugat,” ujarnya. 

Terkait gugatan terhadap pembatalan hasil rekapitulasi, pihaknya beranggapan seharusnya KPU memiliki kewajiban untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Panwaslu. “Itu jelas tertulis pada pasal 13 Huruf P pada Undang-undang No 1 Tahun 2015,” katanya. 

Dalam hal ini KPU tidak menanggapi rekomendasi dari panwas untuk membatalkan hasil rekapitulasi perolehan suara pada Pilkada Kota Medan 2015. (yug)

{adselite}

Comments
Loading...