Pola Serangan Mirip Bom Sarinah, Aksi Teror di Hotel Mewah Burkina Faso Sebabkan 20 Orang Tewas

MENARAnews, Ougaudougou – Kelompok militan tampaknya semakin gencar melancarkan serangan teror dalam beberapa waktu belakangan ini, selang satu hari setelah serangan teror di Jakarta, organisasi teroris yang menamakan dirinya Al Qaedah in the Islamic Maghreb (AQIM) menyerang hotel Splendid di pusat kota Burkina Faso.

Menurut keterangan dari Direktur Rumah Sakit Yalgado Ouedraogo, Robert Sangare, serangan teror tersebut menyebabkan sedikitnya ada 20 orang tewas dan 15 orang lainnya luka-luka. Namun berdasarkan pernyataan yang dirilis dalam sebuah aplikasi percakapan yang terenkripsi, kelompok militan itu mengklaim bahwa para pelaku teror berhasil mengeksekusi  mati 30 pengunjung hotel.

Hotel Splendid yang merupakan salah satu hotel mewah di ibu kota Burkina Faso ini cukup populer bagi warga negara asing dari negara-negara Eropa serta para staf PBB yang sedang melaksanakan tugas di Afrika.

Serangan teror yang dilakukan oleh para kelompok teroris tersebut mirip dengan aksi teror yang terjadi di Jakarta pada Kamis (14/01/2016), yaitu berupa aksi penembakan dan peledakan bom.

Dalam melakukan aksi teror, kelompok militan tersebut mengawali serangan dengan meledakkan dua bom mobil pada pukul 07.30 waktu setempat. Setelah bom meledak, para pelaku teror masuk ke hotel tersebut dan kemudian melakukan eksekusi dan penyanderaan para pengunjung hotel.

AQIM mengklaim bahwa serangan teror tersebut merupakan aksi balas dendam atas serangan militer yang dilakukan Prancis ke wilayah Suriah dan Irak dan sebagai bentuk hukuman terhadap kekafiran negara-negara barat.

Menteri Luar Negri Burkina Faso, Alpha Barry mengatakan bahwa sejumlah aparat keamanan dan tentara, yang terdiri dari 40 tentara Burkinabe, 30 pasukan Prancis, dan sejumlah pasukan Amerika telah melakukan pengepungan hotel itu selama lima jam untuk menangkap para pelaku teror dan membebaskan para sandera.

Burkina Faso begejolak sejak 2014 setelah Presiden Blaise Compaore yang telah berkuasa sejak tahun 1987 lengser dari kursi pemerintahannya akibat protes besar-besaran. Negara ini kemudian menjadi salah satu negara incaran para kelompok militan yang melakukan aksi teror di negara tetangga mereka, Mali (ADF).

Berikut ini foto-foto aksi teror di Burkina Faso.

Bom mobil meledak di depan Hotel Splendid, Burkina Faso

Dua orang aparat sedang berlindung saat aksi baku tembak dengan para pelaku teror

Leila Aloui, salah satu korban serangan teror di Hotel Splendid, teridentifikasi sebagai wanita berkebangsaan Prancis

Aparat keamanan berhasil mengamankan beberapa sandera

Video serangan teror di Burkina Faso

(ADF)

{adselite}

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!