Penemuan Vaksin Virus Zika Membutuhkan Waktu 10 Tahun

MENARAnews, Internasionl – Dunia kesehatan saat ini sedang dilanda teror virus Zika, yaitu virus yang dapat menyebabkan janin yang dikandung oleh ibu hamil mengalami kelainan otak sehingga dapat menimbulkan kematian.

Menyikapi hal ini, beberapa ilmuwan di Amerika Serikat berupaya mencari cara yang efektif untuk mengobati infeksi ini, khususnya bagi wanita yang sedang hamil. Namun demikian, pengkajian yang dilakukan oleh para ahli di bidang ilmu kesehatan itu menyebutkan bahwa mereka membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk menciptakan vaksin yang efektif dalam mencegah infeksi virus Zika.

Saat ini diperkirakan virus Zika telah menyebar ke lebih dari 20 negara dan menimbulkan kepanikan di negara-negara Amerika Latin, khususnya Brazil, dimana ribuan orang terinfeksi virus ini. Sayangnya, belum ditemukan vaksin atau obat yang dapat mencegah atau mengobati infeksi virus Zika, bahkan uji diganosa juga sulit untuk dilakukan.

Pencarian vaksin untuk virus Zika dipimpin oleh para ilmuwan di University of Texas Medical Branch. Para ilmuwan itu telah mengunjungi Brasil untuk meniliti dan mengumpulkan sampel. Kini mereka sedang menganalisis sampel virus Zika di laboratorium di Galveston. Mereka menyatakan bahwa pencarian virus Zika dapat dilakukan dalam kurun waktu dua tahun, namun diperlukan sekitar 10 tahun lagi untuk bisa disebarkan secara global. (ADF)

{adselite}

Comments
Loading...
error: Content is protected !!