spot_img

Hari Ini Logistik Pilkada Susulan Didistribusikan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pendistribusian logistik Pilkada Kalteng Susulan mulai dilakukan pada Senin (25/01/2016) hingga menjelang hari pemungutan suara 27 Januari 2016 mendatang. Pendistribusian diawali dengan seremonial pelepasan truk pengangkut logistik di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya.

Turut hadir dalam kegiatan Mofit saptono (Wakil Walikota Palangka Raya), Komisioner KPU Palangka Raya, AKBP Jukiman Situmorang (Kapolres Palangka Raya), Drs. Barombon (Ketua Panwaslu Palangka Raya), Mayor Situmpul (Kasdim 1016 Kota Palangka Raya) dan Perwakilan Kesbangpol Palangka Raya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Eko Riadi, menjelaskan, pihaknya akan mendistribusikan logistik Pilkada Susulan ke lima kecamatan. Namun sesampainya di kecamatan, Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) menerima logistik hanya dalam bentuk seremonial, sebab semua logistik tersebut tidak turun dari kendaraan dan langsung dilanjutkan ke tingkat TPS di kelurahan.

“Harapan kita seluruh PPK dan PPS hari ini bisa mendistribusikan ke tingkat TPS masing-masing,” tutur Eko saat diwawancara, Senin (25/1/2016).

Lanjutnya, untuk total Data Pemilih Tetap (DPT) adalah 196.996 sementara jumlah TPSnya sekitar 582.  Sementara total surat suara yang dicetak adalah total DPT tambah 2,5%, untuk mengantisipasi yang menggunakan kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Kita selalu berusaha hingga hari esok untuk keliling Kota Palangka Raya dengan menggunakan mobil operasional KPU untuk menghimbau antau mensosialisasikan agar seluruh masyarakat bisa ke TPS masing-masing dan tidak golput,” jelasnya.

Sementara untuk surat C6 seharusnya saat ini sudah di tangan masyarakat. Namun apabila tidak  memiliki  C6 tetap bisa datang ke TPS masing-masing dan menanyakan datanya terlebih dahulu.

“Surat C6 bukan patokan untuk masyarat bisa memilih atau tidak sebab C6 hanya surat pemberitauan bukan undangan, jadi kepada msyarakat yang tidak mendapatkan C6 langsung datang ke TPS,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono S, mengatakan bahwa sejauh ini semua pihak yang terlibat dalam meyiapkan Pilkada susulan sudah bekerja secara optimal dan sesuai porsinya.

“Saya melihat apa yang sudah dipersiapakan oleh KPU dan pihak keamanan sudah sangat optimal hingga saat ini, tingga bagaimana nantinya bagik proses pengamanan maupun proses-proses lainnya mulai pemilihan hingga penghitungan nantinya,” tukasnya Mofit.

Imbunya, kepada semua kalangan terutama teman-teman pers untuk bisa saling mengingatkan kepada msyarakat agar datang pada tanggal 27 Januari 2016 untuk menggunakan hak pilihnya sehingga Golput dapat dihindari.

Sementara itu, Kapolres Palangka Raya AKBP Jukiman Situmorang, mengaku bahwa pihaknya siap mengamankan jalannya pilkada susulan dan mengawal seluruh pendistribusian logistik hingga ketingkat TPS.

“Secara keseluruhan kita terjunkan 385 personil dalam keamanan pengiriman logistik pemilu, kita bisa lihat setiap truk yang membawa logistik KPU langsung dikawal anggota kami hingga di kecamatan dan TPS,” bebernya.

Imbuhnya, semua logistik yang sudah terpakai maupun yang tidak terpakai akan diamankan dan saling berkoordinasi dengan pihak KPU dalam mendata (rekap) logistik yang tidak terpakai.(Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles