spot_img

Hak Suara Eks Gafatar Kemana?

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang sudah berlangsung kemarin di Kalteng nampaknya tidak serta merta diikuti oleh seluruh masyarakat Kalteng. Salah satunya adalah hak suara Warga Eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang sudah lama tinggal di Palangka Raya KM 16 Jalan Tjilik Riwut.

Sebab dalam pemilihan tersebut meraka tidak terdaftar menjadi Pemilih Tetap oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, sedangkan masyarakat tersebut sudah lama tinggal di Palangka Raya.

Menanggapi kejadian itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya Eko Riadi menerangkan, dikarenakan posisi pemukiman eks Gafatar yang jauh dari jalan utama dan tidak berada di daerah perkampungan, sehingga menyebabkan keberadaan mereka selama ini tidak terpantau oleh pihak Kelurahan maupun RT setempat.

“Kami bahkan tidak pernah menerima laporan kalau di KM 16 itu ada pemukiman warga baik dari Kelurahan ataupun RT di sana,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Eko Juga menanggapi menurunnya partisipasi pemilih di Kota Palangka Raya, berdasarkan pantauan KPU dari tiap-tiap kecamatan partisipasi masyarakat hanya berkisar 60 persen. Ia pun mengaku bahwa memang pada pilkada Kalteng ini mengalami penurunan dibandingkan partisipasi pada Pemilihan Presiden tahun lalu.

Ada beberapa indikator yang kemungkinan menjadi penyebab menurunnya partisipasi pemilih ucap Eko, pertama karena penyampaian surat pemberitahuan (C6) tidak sampai ke masyarakat yang terdaftar dalam DPT.

Kedua, bisa jadi masyarakat jenuh karena pemilihan yang seharusnya dilakukan tanggal 9 Desember 2015 diundur ditambah lagi adanya perubahan paslon yang semula berjumlah tiga pasang menjadi dua pasang saja.

“Masyarakat yang cenderung memilih pasangan nomor urut tiga kemungkinan kecewa dan memilih Golput serta melihat dari figur pasangan yang ada ini tidak sesuai dengan harapan mereka. Tapi ini kemungkinan saja ya,” tandasnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles