Formulir C6 Mulai Didistribusikan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Susulan Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan pada 27 Januari mendatang tentunya menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palangka Raya untuk bekerja cepat dalam menyiapkan logistik yang belum lengkap seperti surat undangan (Pemberitahuan) atau Formulir C6.

Sejak ditetapkannya Pilkada Susulan, KPU kota Palangka Raya langsung bekerja ekstra 24 jam untuk menyiapkan formulir sejumlah 196.999  buah tersebut, sebab pada tanggal 23 Januari 2016 harus sudah masuk ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Seperti yang dikatakan oleh Ketua KPU Kota Palangka Raya Eko Riadi, bahwa untuk percetakan sudah selesai tiga hari yang lalu tepatnya tanggal 17 Januari 2016, dan hari ini sudah mulai didistribusikan.

“Untuk Kota Palangka Raya sendiri pendistribusian C6 sudah mulai dikirimkan ke tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan,red), sementara untuk tingkat PPS akan disalurkan pada tanggal 23 Januari 2016 mendatang,” tuturnya saat dikonfirmasi MENARAnews, Selasa (19/01/2016).

Pihak KPU juga akan terus mengawasi pendistribusian C6 hingga  ke tingkat PPS dan natinya sampai ke tangan masyarakat, untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dalam pendistribusiannya.

“Pengawasan akan kami lakukan sampai nantinya C6  ke tangan masyarakat, jangan sampai ada indikasi pelanggaran dan untuk masyarakat yang tidak mendapatkan C6 namun sudah terdaftar sebagai pemilih hendaknya tetap datang langsung ke TPS, sebab C6 hanya sebatas surat pemberitahuan bukan undangan,” tegas Eko.

Sementara Divisi logistik Ngismatul, mengungkapkan untuk jumlah dana Pilkada Susulan yang diperoleh KPU kota masih belum mengetahui jumlah pastinya, karena sampai saat ini dana tersebut belum sampai ke tangan KPU Palangka Raya.

“Honor PPK dan PPS dibayarkan setelah mereka selesai bekerja, yang pasti ditambah dua bulan untuk PPK dan satu bulan untuk PPS dan untuk honor KPU sendiri ditambah satu bulan, dan akan dibayarkan setiap akhir bulan,” ucap Ngismatul.

Ngismatul menjelaskan  untuk pendistribusian logistik berupa surat suara dan lainnya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2016 mendatang serta akan dikawal langsung oleh kepolisian dan KPU kota hingga ke tingkat kecamatan.

“Pada tanggal 25 Januari 2016 logistik akan didistribusiakn dan akan dilakukan seremonial didepan kantor KPU sebelum didistribusikan kemasing-masing kecamatan dengan pengawalan pihak keamanan,” imbuhnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

Comments
Loading...