spot_img

40 Anggota Yonif 200/Raider Diberangkatkan ke Poso Untuk Bantu Tangani Kelompok Santoso

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Dalam rangka membantu menciptakan dan menjaga kondisi keamanan di wilayah Poso, Sulawesi Tengah, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi Mukson, Kamis pagi (7/1) memberangkatkan 2 Tim Satgas Yonif 200/Raider berkekuatan 40 orang ke Poso, dalam suatu upacara militer di lapangan Makodam II/Sriwijaya, Palembang.

Dua Tim Prajurit dari Yonif 200/Raider yang dipimpin Lettu Inf. Mahatma dan Letda Inf. Afrida Satri Aji, nantinya akan tergabung dalam Satgas Operasi Camar Maleo IV di wilayah Poso. Sebelum berangkat ke daerah penugasan di Poso, Satgas Yonif 200/Raider terlebih dahulu akan melaksanakan latihan pratugas bersama-sama dengan prajurit satuan lain di Batujajar, Jawa Barat.

Pangdam II/Sriwijaya dalam sambutannya mengatakan bahwa penunjukkan Yonif 200/Raider oleh pimpinan TNI sebagai Satgas Camar Maleo IV merupakan suatu amanah, kehormatan, kepercayaan dan sekaligus membanggakan Kodam II/Sriwijaya, yang harus dijawab dengan karya dan hasil nyata, penuh semangat, dedikasi dan disiplin.

Orang nomor satu di Kodam II/Sriwijaya ini juga berpesan kepada prajurit Satgas Yonif 200/Raider untuk senantiasa waspada, dan tidak lengah serta mempedomani SOP karena musuh yang dihadapi adalah kelompok teroris Santoso yang melaksanakan perlawanan dengan taktik gerilya dan berbaur dengan penduduk setempat serta mencari kelemahan dan kelengahan aparat.

Oleh sebab itu, menurut Pangdam, taktik gerilya yang diterapkan oleh kelompok teroris Santoso harus dihadapi dengan taktik lawan gerilya. Pangdam yakin bahwa dengan pembinaan, kapabilitas dan berbagai latihan maupun persiapan yang telah dilakukan, Yonif 200/Raider akan berhasil gemilang.

”Yonif 200/Raider, pasti bisa”, tegas pangdam II/Swj.

Sementara itu, pada saat yang bersamaan Pangdam II/Sriwijaya juga menyambut kedatangan Satgas Ops Pembangunan Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan Barat dengan Malaysia Yonzipur 2/SG, berkekuatan 74 prajurit yang dipimpin oleh Kapten Czi Paulus.

Satgas Yonzipur 2/SG ini telah bertugas selama 8 bulan, dan berhasil melaksanakan pembangunan Jalan Paralel di Perbatasan Kalimantan Barat dengan Malaysia sepanjang lebih kurang 35 Km dengan lebar 25 Meter dari Entikong sampai ke Siding Kalimantan Barat.

”Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan homebase dan jadikan pengalaman bertugas di wilayah perbatasan ini, sebagai bekal yang bermanfaat untuk penugasan selanjutnya”, tandasnya. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles