spot_img

Tengku Erry Ingin Capai Target 77% Tingkat Pemilih Pilkada

MENARAnews, Medan (Sumut) – Plt. Gubernur Sumut mengimbau masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak suaranya. Dirinya berharap, pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 pemilih akan mencapai target 77% dari jumlah DPT.

Hal tersebut disampaikannya usai mencoblos di TPS 16, Komplek Villa Gading Mas, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Rabu (9/12)

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, pemerintah telah menerbitkan Keppres No 25 Tahun 2015 Tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Walikota sebagai hari libur nasional.

“Keputusan Presiden nomor 25 itu ditetapkan pada 23 November 2015 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan,” sebut Erry.

Keppres tersebut, ujar Erry, memberi keleluasaan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masuk dalam DPT untuk menyalurkan hak suaranya.

“Dengan adanya libur nasional, calon pemilih diharapkan tidak memiliki kendala datang ke TPS. Target 77 persen masyarakat yang menyalurkan hak suaranya diharapkan dapat tercapai,” ujarnya.

Erry menambahkan, meski KPU dan pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Sumut telah melakukan sosialisasi Pilkada serentak secara maksimal, petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) diharapkan memiliki strategi dalam menarik minat calon pemilih datang ke TPS.

“Bisa dengan menghiasi TPS yang unik atau dengan cara lain. Tujuannya, untuk mengajak calon pemilih menyalurkan hak suaranya. Satu suara menentukan masa depan 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Salah seorang warga, Bambang Wijanarko mengaku, sangat senang dilayani petugas KPPS TPS 16, Komplek Villa Gading Mas, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, yang mengenakan pakaian khas Melayu.

“Senang ya. Petugasnya pakai pakaian Melayu. Unik. Ini salah satu cara untuk mengajak masyarakat datang ke TPS,” ujar Bambang.

Sementara Ketua KPPS TPS 16, Komplek Villa Gading Mas, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Romi Ridwan mengatakan, jumlah DPT tercatat 592 orang. Calon pemilih yang menggunakan hak suaranya hingga pukul 12.41 WIB tercatat 131 orang atau sekitar 20 persen.

“Proses pencoblosan ditutup pukul 13.00 WIB. Jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya dalam Pilkada serentak kali ini jauh lebih rendah dari Pilpres 2014 lalu sekitar 40 persen,” papar Romi.(yug)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles