spot_img

SYFM Kampanyekan Produk Pangan Lokal di USU

MENARAnews, Medan (Sumut) – Dua mahasiswa yang sedang menunjukkan hasil pangan lokal organik olahan petani setempat pada acara closing ceremony Porseni FISIP USU, Jumat (18/15).

Sumatran Youth Food Movement (SYFM), Komunitas yang dibentuk sejak Mei 2014 ini bergerak pada kampanye produk pangan lokal yang memiliki tujuan terwujudnya kedaulatan pangan.

Latarbelakang terbentuknya komunitas ini datang atas kegelisahan terhadap produk pangan impor yang mendominasi pasar Indonesia. Kecenderungan masyarakat yang lebih percaya menggunakan produk luar juga kian menciutkan petani lokal.

Besarnya pengaruh pangan luar melalui media iklan sangat ampuh melumpuhkan pemasaran produk lokal. Kualitas lebih yang dijanjikan mebambah kepercayaan masyarakat untuk rutin mengkonsumsi nya.

“Kita tau bahwa kedaulatan pangan adalah upaya pemenuhan pangan lewat produksi lokal juga pemenuhan hak atas pangan dengan kualitas gizi baik dan sesuai secara budaya selain itu memperhatikan prinsip diversifikasi pangan dengan budaya lokal,” ucap Ricky salah satu mahasiswa yang aktif di komunitas tersebut.

SYFM sendiri lebih fokus pada pengajaran pemuda untuk menggunakan produk lokal sebagai upaya pemberdayaan petani. Dengan membeli produk olahan petani lokal maka akan sangat membantu keberlangsungan mereka.

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan angka konsumsi produk lokal ialah dengan meningkatkan mutu dan kualitas produknya secara beragama,”ujar mahasiswa Ilmu Politik itu.

Saat ini SYFM sendiri ikut bersama petani Kabupaten Langkat dan Medan Johor untuk mengkampanyekan produk mereka. Kebanyakan yang diproduksi adalah buah-buahan dan sayuran organik. (ded)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles