spot_img

Sempat Terbakar, Kini Ponpes Miliki Gedung Baru

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Berkat kegigihan serta perjuangan berbagai pihak dalam hal ini adalah Ketua Yayasan Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin, Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalteng dan juga Kemenag Kota Palangka Raya, yang telah mengusahakan terwujudnya pembangunan baru Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Insan Palangka Raya yang sempat terbakar beberapa waktu lalu. Akhirnya pada Selasa (29/12/2015) gedung yang diimpikan telah berdiri kokoh danĀ  diresmikan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Abdul Halim H Ahmad.

Hadir pula dalam acara peresmian gedung baru MA tersebut Kepala Kemenag Kota Palangka Raya H Baihaqi, kepala madrasah se-Kota dan para orangtua peserta didik. Pimpinan Pontren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya, Ustadz. H. Harmain Ibrohim menuturkan, gedung baru untuk MA Hidayatul Insan tersebut merupakan hasil bantuan pihak Kemenag Pusat. Melalui perjuangan bersama akhirnya pembangunan gedung dapat terwujud dan sekarang sudah bisa digunakan untuk proses belajar mengajar siswa.

“Gedung sekolah MA ini sebelumnya juga masih sangat baru, bahkan setelah peresmiannya sempat dipakai selama seminggu. Namun terjadi musibah kebakaran di permukiman warga, yang akhirnya juga ikut menghanguskan bangunan baru sekolah ini,” ucap Ustadz Harmain, Selasa (29/12/2015).

Diterangkannya pula, bangunan MA sebelumnya terdiri dari dua lantai dengan jumlah ruang kelas sebanyak 4 ruang dan 1 untuk ruang kantor. Sedangkan bangunan baru saat ini hanya berjumlah 4 ruang, tetapi ukurannya lebih panjang dibandingkan ukuran sebelumnya.

“Kami mencoba mengajukan permohonan bantuan dan alhamdulillah dikabulkan oleh pusat. Oleh sebab itu, kami sangat berterimakasih serta bersyukur sekali atas bantuan yang telah diberikan hingga gedung baru bisa berdiri seperti saat ini,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H. Abdul Halim H Ahmad mengatakan salah satu alat untuk mencerdaskan umat tentunya tak lepas dari pendidikan makanya walaupun berkali-berkali gedung sekolah MA Hidayatul Insan mengalami kebakaran tetap terus diusahakan pembangunannya karena di situlah wadah untuk pembinaan pendidikan kepada anak-anak bangsa.

Abdul Halim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu memperhatikan pendidikan. Terutama bagi masyarakat yang hidupnya berkecukupan, mudah-mudahan bisa menyisihkan sebagian hartanya untuk kemajuan pendidikan di Kalteng salah satunya yaitu pada MA Hidayatul Insan. “Semoga orang yang senantiasa berinfaq akan diberikan ganjaran oleh Allah SWT,” serunya.

Tak lupa pula dia berpesan kepada pimpinan pontren Insan Fii Ta’limiddin untuk senantiasa menjaga serta memelihara bangunan yang ada di lingkup pontren, dan apabila ada hal-hal yang masih perlu disampaikan diharap segera dikoordinasikan. “Masyarakat juga harus bisa ikut memelihara lingkungan sekitar pontren guna menghindari terulangnya kejadian kebakaran beberapa waktu lalu,” imbuhnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles