PT KAI Akan Bangun Jalur Layang Januari 2016

MENARAnews, Medan (Sumut) – PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumbagut akan membangun jalur layang untuk Kereta Api di awal tahun 2016. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Teknik Perkeretaapian Kementrian Perhubungan Hendy. Dirinya mengatakan, Jalan layang ini akan memudahkan lalu lintas kereta api dan untuk mengurangi kemacetan. 

Pembangunan jalur layang akan dimulai awal tahun 2016 sampai 2017. “Untuk pembangunan alur layang akan dimulai dari stasiun Bandar Klipah yang akan naik hingga stasiun Medan,” Ujar Hendy saat ditemui di lobby lantai II stasiun KA Medan. 

2,8 Triliyun APBN akan digelontorkan untuk pembangunan jalur layang yang menghubungkan stasiun Bandar Klipah dan Stasiun Medan. Pembangunan diperkirakan selesai pada tahun 2017. “2017 akhir harus sudah selesai,” katanya. 

Pembangunan jalur layang ini diklaim mapu mengurai kemacetan di Kota Medan. Karena nantinya jalur layang akan beroperasi melewati beberapa titik stasiun di Kota Medan. 

Hendy juga menjelaskan, untuk pelepasan lahan dan penertiban masyarakat disekitar jalur yang terkena dampak pembangunan sudah dijalankan. Hingga saat ini masih bersisa 10 % masyarakat yang belum pindah dari total masyarakat yang rumahnya berada di lahan PT KAI.

“Alhamdulillah masyarakat mendukung semua untuk pembangunan jalur ini, dan kemarin itu mereka minta waktu untuk diizinkan tinggal dulu sampai tanggal lima karena ada yang mengikuti perayaan natal dan tahun baru,” ujarnya . 

Masyarakat akan membongkar bangunan mereka sesuai dengan waktu yang diberikan PT KAI dari tanggal 5-15 Januari 2016.  

PT KAI juga menargetkan pembangunan jalur layang menuju stasiun Binjai pada tahun 2019. Pembangunan jalur layang akan dilakukan keseluruhannya oleh anak bangsa. Berbeda dengan pembangunan yang ada di pulau Jawa yang menggunakan jasa asing. 

“Ini yang patut kitra banggakan, karena seluruh konstruksinya dibangun oleh anak bangsa,” pungkasnya. 

Jalur layang ini juga dinilai akan meningkatkan jumlah penumpang. Pihaknya akan menargetkan peningkatan hingga 200% dari sebelumnya.(yug)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles