spot_img

Poses Pembebasan lahan Harus Sesuai Target

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Program pembebasan lahan untuk pembangunan kantor yang berada dijalan Soekarno-Hatta kec. Menteng, Kel Jekan Raya Kota palangka Raya nampaknya tidak serius dilakukan oleh Satuan Kerja Praangkat Daerah (SKPD) teknis.

Walikota Palangka Raya HM Riban Satia merasa kecewa dan menegur dinas terkait yang ada dilingkup pemerintahannya, terutama yang membidangi masalah pembebasan tanah tersebut.

“Relokasi disana kondisnya tidak berjalan sesuai dengan harapan, kendalanya akibat anggaran. Sebab pada anggaran tahun 2015 Baik itu pada APBDmurni ataupun Perubahan progres penyerapannya sangat kecil untuk program tersebut,” ucapnya kepada awak media, Senin (7/12/2015).

Diceritakannya, pada saat pembahasan APBD murni tahun anggaran 2015 ada beberap SKPD yang menilai anggaran untuk program tersebut tidak cukup, sebab hanya dianggarkan Rp 200 juta.

“SKPD ketika itu berkomentar Rp 200 juta tidak cukup, sebab proses pembebasan lahan tersebut membutuhkan anggaran diatas Rp 200 juta,” tukasnya.

Untuk itulah, Ia pu mensetujui pada pembahasan perubahan APBD perubahan tahun 2015 untuk menaikan anggaran menjadi RP 350 juta, namun setelah dievaluasi ditemukan sangat minim penyerapanny, padahal hal tersebut sudah menjadi kesepakatan dilingkup Pemko Palangka Raya.

Hal tersebut sangat disesalkan, apalagi bagi kepala Dinas/Badan yang bellum menyerap anggaaran tersebut secara maksimal.

“Dari situ kita melihat bahwa kepala Dinas/Badan tidak serius untuk melakukan pembebasan lahan, apalagi membangun kantor masing-masing instaansi,” katanya.

Maka dari itu, Secara langsung dirinya meminta keseriusan dan ketegasan seluruh instansi yang berkitan dengan program terseut, bahkan dirinya menargetkan proses pembebasan lahan dapat selesai dalam satu bulan ini.

“Harus selesai, sebab sejak APBD murni tahun 2015 sudah dianggarkan, sebab pada APBD tahun 2016 sudah tidak ada lagi anggaran untuk pembebasan lahan tersebut,” tegasnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles