spot_img

Peringati Hari HIV/AIDS Ratusan Mahasiswa FKM USU dan STIKES Helvetia Turun ke Jalan

MENARAnews, Medan (Sumut) – Ratusan Mahasiswa-mahasiswi sedang berorasi kepada sejumlah pengendara di persimpangan lampu merah Kesawan Square dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada hari ini 1 Desember 2015.

Ratusan Mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Helvetia turun ke jalan berorasi dan membagikan pita merah sebagai simbol perlawanan tehadap penyakit yang mematikan ini.

Panas matahari yang menyengat tidak menyurutkan semangat para peserta aksi dari kampus alamater hijau dan biru ini. Peserta aksi yang didominasi perempuan terlihat sangat ceria sambil mengangkat tulisan ‘lawan HIV’ kepada pengendara.

Salah satu lembaga kesehatan dunia dari PBB, World Health Organization (WHO) merilis pada tahun 2014 saja sudah ada 45 juta penduduk bumi terinfeksi penyakit diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini.

“Kita tidak ingin semakin banyak anak muda terjerat penyakit berbahaya ini, untuk itu mari bersama kita lawan HIV/AIDS sebagai musuh yang harus musnah dengan segera, lawan HIV,” ucap salah seorang orator dengan pengeras suara dengan nada melantang.

Peserta aksi sendiri disebar di empat titik seputaran Merdeka Walk yaitu dua titik lampu merah dekat Grand Aston, lampu merah dekat jalan perintis kemerdekaan.

“Kita menggalakkan lawan HIV ini karena sudah banyak korban jatuh bang, belum lagi penderitanya semakin banyak terutama di kota-kota besar kayak Medan ini, janganlah makin banyak kan bang, makanya harus kita lawan,” ujar Gunawan salah satu koordinator aksi kepada wartawan.

Pengendara yang menyaksikan juga sangat antusias menyaksikan suara mahasiswa yang berorasi. Kegiatan ini juga dikawal oleh pihak kepolisian agar berjalan dengan aman dan tidak ada pihak yang mencoba memprovokasi dan menganggu jalannya aksi. (ded)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles