Pendistribusian Raskin Sudah 100 Persen

MENARANews, Palangka Raya (Kalteng) – Program Beras Miskin (Raskin) yang dipegang langsung oleh Divre Bulog Kalteng untuk wilayah Kota Cantik Palangka Raya sudah sepenuhnya dibagikan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Seperti yang diakui oleh Kepala Divre Bulog Kalteng Taufan Akib kurang lebih ada 5.583 RTS di lima kecamatan yang ada Kota Palangka Raya sudah menerima Beras Miskin (Raskin).

“Realisasi 100 persen ini per tanggal 21 Desember 2015, disalurkan mulai bulan Januari, termasuk raskin tambahan bulan 13 dan 14,” ucapnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Minggu (27/12).

Jelasnya, Kecamatan Pahandut sebanyak 2323 RTS, Kecamatan Jekan Raya sebanyak 1471 RTS, dan Kecamatan Sebangau 719 RTS. Kemudian, Kecamatan Bukit Batu sebanyak 841 RTS, dan Kecamatan Rakumpit sebanyak 229 RTS.

“Masing-masing RTS ini mendapat 15 Kilogram perbulannya, penerima Raskin harus menebus beras dengan harga Rp 1.600,- per kilogram. Sehingga mereka mendapat 210 kilogram dalam setahun,” katanya.

Walapun dalam pendistribusian raskin banyak mengalami beberapa kendala, namun pihaknya terus berusaha menyampaikan Raskin sampai ketangan masyarakat dimasing-masing kecamatan dan RTS.

“Kita tau Infrastruktur yang ada saat ini belum sepenuhnya baik, sehingga kendala kami yang utama antaranya adalah infrastruktur yang kurang mendukung,” tukasnya.

Program tersebut, imbuhnya, penyaluran raskin ini memang program perlindungan sosial dan melindungi rumah tangga rawan pangan dari ancaman kurang nutrisi, protein dan energi.

“Program tersebut memang dimaksudkan untuk melindungi masyrakat untuk rawan kekurangan nutrisi dan protein, maka dari itu program Raskin tersebut digagas,” imbuhnya.(Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

Comments
Loading...