Pemprov Sumut Gelar Rapat Finalisasi Persiapan Pilkada Serentak

MENARAnews, Medan (Sumut) – Menjelang Pilkada Serentak di Sumatera Utara 9 Desember 2015, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Pelaksanaan Pemungutan Suara di Gedung Aula Martabe, Jumat (4/12).

Rapat Koordinasi dihadiri oleh, FKPD Provinsi Sumut, para Kapolres, Dandim, KPU Sumut, KPU Kab/Kota, Bawaslu Sumut dan Panwaslu Kab/Kota.

Dalam kata sambutan, Plt. Gubsu, Tengku Erry Nuradi menyampaikan, rapat yang digelar hari ini, dalam rangka finalisasi persiapan Pilkada serentak di 23 Kab/Kota di Sumut.

Erry menyampaikan, dari laporan yang diterima oleh desk Pilkada Provinsi Sumut, masih banyak terdapat banyak kendala dalam pencairan anggaran untuk KPU dan Panwaslih. “Kita menyadari, pembiayaan untuk Pilkada adalah tanggung jawab dari masing-masing pemerintah daerah, dan nilai nominalnya relatif besar,” ujarnya.

Pihaknya berharap, permasalahan pencairan anggaran dapat segera direalisasikan. Saat ini Sumut menjadi fokus nasional dalam penyelenggaraan Pilkada, karena Sumut adalah provinsi yang paling banyak melakukan Pilkada.

Sepanjang pemgalaman pemilihan umum di Sumatera Utara, menurut Erry, masih sangat rentan dengan potensi masalah. Hal ini dikarenakan kedekatan secara kulturantara pasangan calon dengan para pemilih.

“Kita berharap, kendala teknis, tidak menjadi pemicu ketidakpuasan, dan jika hal ini terjadi bisa menimbulkan dampak negatif bagi semua pihak,” ujarnya.

Errymenghimbau ke semua pihak, agar mengantisipasi agar kondisi sosialmasyarakat tidak terganggu.

“Jangan sampai, tatanan sosial yang telah kita bina bisa terganggu karena pelaksanaan Pemlihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang bermasalah,” tegasnya.

Pemerintah juga telah menerbitkan Keputusan Presiden No. 25 Tahun 2015 tentang hari pemungutan suara dalam Pilkada. Inti dari Keppres tersebut adalah pada 9 Desember, ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Erry meminta, agar keputusan tersebut dapat disosialisasikan kepada masyarakat. Agar masyarakat mengetahui dan mau untuk datang ke KPU untuk memilih calon pemimpinnya. (yug)

{adselite}

Comments
Loading...