Natal dan Maulid Bersamaan, Warga Diminta Jaga Kerukunan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Kalteng, H. Sujono, SH meminta kepada masyarakat agar saling menghormati karena peringatan puncak Maulid Nabi Muhammad SAW hampir bersamaan dengan Perayaan Hari Natal umat Nasrani.

“Kita hanya meminta kepada masyarakat untuk saling hormati sesama umat beragama yang menjalankan ibadah,” ujar Sujono kepada MENARAnews, Kamis (24/12/2015) di Kota Palangka Raya.

Menurut Sujoni, Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun ini bersamaan dengan Perayaan Natal yang sangat jarang sekali terjadi sehingga lanjutnya l tidak ada alasan untuk tidak saling menghormati.

Pantauan di lapangan, situasi di Kota Palangka Raya masih terlihat seperti hari-hari biasanya. Tidak ada kegiatan yang harus mengumpulkan orang banyak seperti Pawai Ta’aruf dan lain sebagainya. Sujono mengatakan, untuk Kota Palangka Raya sendiri belum ada kegiatan Perayaan Maulid dalam sekala besar. Sementara Pawai Ta’aruf, biasanya dilaksanakan pada Tahun Baru Islam.

Kapolres Palangka Raya AKBP. Jukiman Situmorang melalui Kanit Intel AKP Meirudi mengatakan, sejauh ini belum ada surat ijin keramaian berkaitan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan ke pihak Polres Palangka Raya.

“Kalau kegiatan skala besar untuk acara Perayaan Maulid belum ada mas, mungkin kegiatanya haya dimasing-masing tempat seperti Masjid, Langgar atau Mushola,” ujar Rudi dikonformasi MENARAnews.

Memang utuk tahun ini, lanjutnya tidak ada kegiatan, dalam arti skala besar untuk perayaan puncak kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini, Kata Rudi tidak adanya laporan kegiatan yang masuk sejak kemarin. Semetar untuk Perayaan Natal, Polres Palangka Raya akan mulai melakukan pengamanan pukul 18.00 WIB hari ini.

“Ini sudah mulai persiapanya dilakukan, ya kita berharap situasi di Kota Palangka Raya aman dan terkendali aja,” tutupnya. (Arliandie)

Editor : Ruahdhatul N.

Comments
Loading...