Masyarakat Jangan Terprovokasi Isu Pilkada

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Komandan Korem 102/Pjg, Kolonel Arh. Purwo Sudaryanto meminta masyarakat Kalteng untuk tidak mudah terprovokasi terhadap isu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih dari orang luar.

“Kalimantan Tengah, merupakan salah satu dari 5 Daerah yang mengalami penundaan pelaksanaan Pilkada. Kita juga menunggu pelaksanaan Pilkada kapan dilaksanakan,” jelas Purwo dalam kegiatan acara silaturahmi Danrem 102/Pjg bersama Insan Pers Tahun 2015 di Aula Korem 102/Pjg, Rabu (30/12/2015) di Kota Palangka Raya.

Satuan TNI Korem 102/Pjg, kata Purwo selalu siap dalam menjaga wilayah Kalteng tetap aman dan Kondusif. Dari 1.925 pasukan TNI yang berada di Kalteng, 2/3 diantaranya atau 1.300 lebih pasukan TNI disiagakan untuk membackup kekuatan Polri di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan bahkan ke tingkat kelurahan.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak, dengan memilih pemimpin terbaik untuk 5 tahun kedepan.

Jangan sampai, terjadi seperti di wilayah Kalimanatan Utara, ini merupakan tanggung jawab kita bersama, saya hanya mengajak dan menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban Kalteng,” jelasnya.

Menurut Purwo tingkat kerawanan cukup tinggi berada di Kabupaten Koatawiring Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat sehingga kekuatan personil akan difokuskan di wilayah tersebut, ditambah bantuan personil TNI dari Kalbar sebanyak 2 SSK atai 200 personil.

Hal ini tentu, menjadi atensi dan perhatian khusus karena sebelumnya terjadi sengketa Pilkada yang berkepanjangan di dua daerah itu, sehingga kami sempatkan melakukan kunjungan kerja di wilayah dimaksud seperti bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan Kalteng,” tukas Purwo lebih dalam.

Menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru, Personil TNI di Wilayah Kalteng juga dikerahkan dan dilibatkan untuk memperkuat Polri dengan cara melakukan pengamanan terpadu di beberapa pos-pos yang didirikan, bahkan ujar Purwo kembali, Anggota TNI melakukan patroli gabungan bersama anggota Polri, Dinas Perhubungan, dan instansi pemerintah di provinsi kabupaten/kota terkait.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Wilayah Kalteng, H.Sutransyah mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang sudah dibangun antara TNI bersama insan pers.

Kita mengharapakan dengan kegiatan silaturahmi Danrem 102/Pjg bersama insan pers merupakan suatu ajang untuk mempererat, komunikasi serta kemitraan terhadap insan pers,” ujar Sutransyah diwawancarai.

Dia juga mengaharapkan ajang silaturahmi ini tidak hanya dilakukan oleh Korem, namun hendaknya bisa di tingkat Dandim yang berada di 14 kabupaten/kota bahkan di tingkat (Bintara Pembina Desa (Babinsa) di tingkat desa.

Kita juga mengharapkan agar teman-teman media sama-sama menciptakan pemberitaan yang sejuk dan kondusif terkait pPlkada, dan juga menjaga netralitas wartawan, tidak boleh masuk kedalam kepengurusan tim pemenangan,” tutupnya. (Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

Comments
Loading...