Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Kalteng Turunkan 1.400 Personil

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polda Kalteng berencana menurunkan sekitar 1.400 personil yang diap ditempatkan di 160 Gereja, Tempat Hiburan, dan Tempat Wisata di Kota Palangka Raya.

“Jumlah gereja yang kita amankan sekitar 160. Selain gereja, tempat hiburan, dan tempat wisata juga kita amankan dalam rangka pergantian akhir tahun,” Jelas Kapolda Kalteng Brigjen.Pol Fakhrizal usai menggelar Apel Operasi Lilin Telabang, Rabu (23/12/2015) di halaman Mapolda Kalteng Kota Palangka Raya.

Untuk menjaga kemanan dan ketertiban lanjutnya, Polda Kalteng juga menempatkan beberapa personil di sembilan Pos Pelayanan dan tiga puluh Pos Pengamanan yang tersebar di Kota Palangka Raya. Berdasarkan pengalaman operasi lilin tahun 2014 di Kalteng, kata Fakhrizal cukup kondusif. Kendati demikian pihak kepolisian mengaku tetap waspada dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kalteng.

“Kegiatan ini, (Operasi Lilin.red) dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Operasi ini sudah kita siapkan dan kita rencanakan jauh-jauh hari, dan kita berharap Perayaan Natal dan Tahun Baru tetap aman serta terkendali,” ujarnya menambahkan.

Malam natal, katanya lagi, Unit Penjinak Bom dari Satuan Brimob Polda Kalteng juga akan diturunkan untuk melakukan pengecekan terhadap tempat-tempat ibadah terutama di tempat ibadah yang memiliki jamaat yang cukup banyak. Disinggung terkait adanya ancaman aksi teroris di Kalteng, menurut Fakhrizal, ancaman tersebut sifatnya dinamis. Namun pihaknya tetap waspada akan hal tersebut. Dan katanya lagi, mudah-mudahan aksi teroris tidak ada di Kalteng.

Di sisi lain, Kepala Kepolisian Resort Palangka Raya AKBP Jukiman Situmorang mengatakan, Polres Palangka Raya akan menurunkan sebanyak 380 perrsonil untuk melakukan pengamanan di beberapa tempat ibadah, dan tidak lupa melibatkan Pengamanan Swakarsa dari internal gereja.

“Kita juga melakukan pengamanan efesiensi dengan cara berkoordinasi dengan pihak Perintah Provinsi Kalteng dan pihak Pemerintah Kota Palangka Raya terutama saat Malam Tahun Baru,” ujar Jukiman dikonfirmasi MENARAnews.

Jukiman mengaku, untuk mengatasi kemacetan dibeberapa ruas jalan seperti di Jl. Yos Sudaso, Jl. Temanggu Tilung dan beberapa jalan yang berpotensi terjadi kemacetan, akan dilakukan pengaturan-pengaturan lalu lintas.

“Untuk posko tetap di Bundaran Besar, di tempat keramaian seperti di hypermart, setidaknya kita monitor. Kita juga meminta bantuan pihak Kodim dan backup Anggota Sabhara Polda Kalteng, serta Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya,” tutupnya.(Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles