Google Maps Hadirkan Peta Dalam Gedung di Indonesia

MENARAnews, Internet – Mengunjungi sebuah acara atau event yang diselenggarakan di gedung besar di Indonesia, seperti event Indocomtech, terkadang membuat kita bingung tentang dimana arah dan apa saja yang terdapat di dalam gedung tersebut.

Menyikapi kebingungan ini, Google akhirnya menyematkan fitur indoor maps pada Google Maps yang memungkinkan pengguna untuk melihat secara detail tentang apa saja yang terdapat di gedung-gedung tersebut.

“Fitur ini akan mempermudah pengguna di Indonesia, baik turis maupun warga setempat,” ujar Nikhil Vaishnavi, Product Manager, Google Maps.

Fitur Indoor Maps ini memungkinkan pengguna untuk melihat secara detail per lantai sebuah gedung, seperti milihat letak-letak toko, ATM, dan toilet. Fitur ini sangat berguna apabila pengelola gedung sedang tidak berada di sekitar pengguna atau kurangnya informasi tentang fasilitas yang ada di gedung itu.

Untuk mengetahui secara detail yang ada di lantai sebuah gedung, pengguna tinggal melakukan zoom in gedung tersebut. Indoor maps ini memiliki kesamaan dengan Google Maps, akan ada “pointer biru” yang berkedip-kedip sesuai titik dimana pengguna berada. Saat pengguna berpindah tempat, Google Maps melakukan pembaruan lokasi.

“Kami berharap fitur Indoor Maps ini bisa membuat pengalaman pengguna dalam menjelajahi Indonesia akan semakin menarik pada liburan akhir tahun ini”, tambah Vasihnavi

Saat ini fitur Indoor Maps sudah dapat mengcover 60 tempat di 13 kota di Indonesia. Jumlah gedung yang dapat dijelajahi dengan fitur tersebut memang belum banyak, namun , para pemilik gedung bisa berkontribusi untuk meningkatkan jumlah gedung, dengan cara meng-upload floorplan gedung.

Setelah itu, Google akan melakukan perubahan floorplan tersebut menjadi format Maps. Untuk membantu Google, pemilik gedung bisa meng-upload floorplan itu melalui link ini

Untuk sementara, Indoor Maps di wilayah Indonesia baru bisa diakses melalui alikasi Google Maps versi Android, sedangkan untuk iOS, pengguna tampaknya harus bersabar lebih lama. Pihak Google sedang mengembangkan fitur tersebut untuk segera dapat berjalan di platform iOS.

Berikut daftar lokasi indoor di Indonesia yang sudah bisa dijelajahi lewat Google Maps:

Bandara

  1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali
  2. Bandara Juanda, Surabaya
  3. Bandara Internasional Lombok, Lombok

Gedung Pertemuan

  1. Jakarta Convention Center

Pusat Perbelanjaan

  1. Central Park Mall
  2. Gandaria City
  3. Grand Indonesia Shopping Town
  4. Kuningan City
  5. Lippo Mall Kemang
  6. Mal Kelapa Gading
  7. Plaza Indonesia
  8. Plaza Semanggi
  9. Pondok Indah Mall
  10. Senayan City
  11. Bandung Indah Plaza
  12. Beachwalk Bali
  13. Cibubur Junction
  14. Emporium Pluit
  15. fX Sudirman
  16. Mall Artha Gading
  17. Lippo Mall Kuta
  18. Mangga Dua Square
  19. Jakarta Design Center
  20. DP Mall Semarang
  21. Lippo Plaza Jogja
  22. Sun Plaza
  23. Palembang Icon

Museum

  1. Museum Nasional Indonesia

Universitas

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Universitas Kristen Petra

(ADF)

{adselite}

Comments
Loading...
error: Content is protected !!