Gaya Hidup Sehat dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Hidup sehat adalah pilihan yang terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Aloysus Giyai, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, menuturkan untuk hidup sehat, perlu asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh agar bisa mendapatkan kembali kesehatan yang di inginkan.

Menurutnya, kesehatan merupakan salah satu faktor yang menentukan kesejahteraan masyarakat di wilayah Timur Indonesia ini. Untuk itu, masyarakat Papua perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut salah satu cara diantara sekian banyaknya langkah agar tubuh tetap sehat, yaitu menjaga lingkungan.

Aloysus mengatakan, dengan menjaga lingkungan tempat tinggal sudah pasti mempengaruhi kesehatan manusia. Bila lingkungan tidak dijaga dengan baik bakteri dan berbagi jenis penyakit mengintai kesehatan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan adalah sesuatu hal yang wajib diperhatikan oleh masyarakat setidaknya masyarakat di Papua.

“Begitu banyak kematian yang sebagian besar disebabkan oleh penyakit yang disebabkan lingkungan yang kotor seperti kolera, typus, demam, malaria dan masih banyak lagi.” jelasnya di Rumah Makan Bambu Kuning, Ruko Dok 2, Jl. Pasifik Permai, Kota Jayapura, Selasa (22/12).

Aloysus juga menambahkan masalah kesehatan sehari-hari sering kita anggap sepele, padahal, kontribusi mewujudkan derajat kesehatan merupakan hal yang essensial di samping masalah perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan.

“Pada umumnya masyarakat cenderung memperhatikan kesehatan sewaktu mereka merasakan daya tahan tubuh mereka menurun. Adapun indikator kesehatan yang cukup menarik untuk diamati antara lain adalah angka kematian bayi, angka kesakitan dan pemenuhan gizi,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, derajat kesehatan penduduk Papua dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti budaya, gaya hidup, tingkat pendidikan, tingkat kesejahteraan, dan lain-lain. (Surya).

{adselite}

Comments
Loading...