spot_img

Aloysius Giyai: Masyarakat Papua Perlu Pendidikan Kesehatan

MENARAnews,  Jayapura (Papua) – Aloysius Giyai, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengatakan bahwa pendidikan merupakan penerapan konsep dalam bidang praktek kesehatan yang harus dijalani dalan kehidupan sehari-hari.

“Untuk mencapai nilai-nilai hidup dalam masyarakat yang dalam proses pencapaiannya tidak lepas dari belajar dan membutuhkan bantuan orang lain,” katanya di Rumah Makan Bambu Kuning, Ruko Dok 2, Jalan Pasifik Permai, Kota Jayapura, Selasa (22/12).

Menurutnya, proses pendidikan kesehatan memiliki tujuan agar masyarakat mengalami perubahan dari awalnya tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mampu memecahkan masalah kesehatan menjadi mampu. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah aspek fisik, seperti sarana kesehatan dan pengobatan untuk menangkal berbagai penyakit yang kadang disebabkan oleh manusianya sendiri.

Selain itu, sarana dan prasana yang sudah dipersiapkan pemerintah baik ditempat umum maupun setidaknya di rumah sakit harus dimanfaatkan masyarakat Papua agar meraih hidup sehat.

“Menumbuhkan kesadaran masyarakat bukanlah hal yang mudah, diperlukan pengertian, kesadaran dan penghayatan oleh masyarakat terhadap masalah-masalah kesehatan mereka sendiri dan cara-cara pemecahannya,” imbuhnya.

Untuk mengubah pemahaman perilaku belum sehat menjadi perilaku sehat dapat dilakukan melalui beberapa hal, misalnya perilaku dan secara mandiri mampu menciptakan pola hidup sehat.

“Tak perlu lagi bergantung pada orang tua dan orang lain karena proses pendidikan merupakan tanggungjawab diri sendiri,” ujarnya.(Surya).

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles