Tingkatkan Transportasi Masal, Damri dan Pemprov Sumut Luncurkan BRT Mebidang

MENARAnews, Medan (Sumut) Untuk meningkatkan transportasi masal yang lebih nyaman dalam mengurangi kepadatan lalu lintas di Sumatera Utara, Damri bersama Pemrovsu meluncurkan dan mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) trans Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) yang dilaksanakan oleh Tengku Erry Nuradi (Plt Gubernur Sumut) yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubsu, Kamis (5/11).

BRT ini diluncurkan karena adanya laju pertumbuhan penduduk, perkembangan fungsi lahan, dan kemacetan lalu lintas di wilayah Mebidang yang semakin memprihatinkan, selian itu juga karena adanya pertumbuhan kenadaraan bermotor di Sumut yang semakin pesat (10,9 %) yang tidak disertai dengan pertumbuhan luas jalan (3,01%) di daerah Mebidang.

BRT Mebidang akan beroperasi dalam 2 koridor, Koridor 1 yaitu Terminal Binaji – Pusat Pasar Medan, dengan rute Terminal Binjai – Jl. Soekarno Hatta – Jl. Gatot Subroto – Jl. Iskandar Muda – Jl. Gajah Mada – Jl. S. Parman – Jl. Raden Saleh – Jl. Balai Kota – Jl. Stasiun – Jl. MT. Haryono – Jl. Sutomo – Pusat Pasar Medan sementara Koridor 2 yaitu Pusat Pasar Medan – Terminal Lubuk Pakam, dengan rute Pusat Pasar Medan – Jl. Sutomo – Jl. Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. M. Yasmin – Jl. Stasiun – Jl. Jl. MT Haryono – Jl. Cirebon – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Medan – Terminal Lubuk Pakam

Agus Subrata (Dirut Perum Damri) mengatakan bahwa jika BRT Mebidang ini berhasil kedepannya, Damri akan membuka hal serupa di 32 kota di Indonesia ”pada peresmian hari ini juga merupakan sebuah kemajuan dai transportasi masal dan jika program yang diresmikan ini berhasil, dalam waktu dekat Damri ditugaskan untuk membuka hal yang serupa di 28 Provinsi (32 Kota)”. Ujar Agus saat pembukaan acara.

Dengan adanya BRT Mebidang ini, Erry Nuradi mengharapkan kemacetan di seputaran wilayah Mebidang dapat dikurangi serta memiliki kenyamanan dan keamanan yang bagus.

“BRT Mebidang kedepannya diharapkan dapat mengurangi kemacetan di sekitaran Kota Medan derta dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna BRT Mebidang dengan memberikan fasilitas seperti AC, WiFi, dan CCTV”. Ujar Tengku Erry setelah mencicipi BRT Mebidang.

BRT Mebidang merupakan sebuah cerminan satu langkah maju Provinsi Sumatera Utara dalam kemajuan transportasi darat yang kemungkinan akan mengurangi kemacetan di wilayah Mebidang jika Pemprov Sumut bersama Dishub Provinsi Sumut dapat mengelolanya dengan maksimal.(sbp)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles