spot_img

Satgas Karhutla Kembali Temukan Ratusan Kubik Kayu Illegal

MENARAnews, Musi Banyuasin (Sumsel) – Adanya unsur kesengajaan dalam kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel dalam beberapa bulan terakhir sepertinya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, Satgas Karhutla Sumsel, Rabu (4/11) lalu kembali menemukan 1 unit eksavator serta ratusan kubik kayu olahan diduga hasil illegal logging di lokasi sekitar Konsesi PT Rimba Hutani Mas, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Alat berat dan ratusan kubik kayu illegal ditemukan Satgas Karhutla PRCPB Marinir II bersama Polisi Militer (PM), AD, Polsek Bayung Lencir, KPHP Lalan Mangsang Mendis, dan PT Rimba Hutani Mas pada saat melakukan Patroli bersama di sekitar kawasan tersebut.

Selanjutnya, hasil temuan berupa 1 unit eksavator, 740 batang kayu jenis campuran, dan 1 buah buku ukur kayu diserahkan kepada pihak KPHP Lalan Mangsang Mendis untuk dikoordinasikan lebih lanjut dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Muba dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel.

Selain itu, Satgas juga menyita 4 buah sepeda motor dan beberapa alat masak yang diduga milik para pelaku pada saat melakukan pembalakan di kawasan hutan tersebut.

Komandan Satgas Karhutla, Kolonel Arm Djoni Prasetyo, Minggu (8/10) mengatakan bahwa keberadaan alat berat dan ratusan kubik kayu illegal tersebut berkaitan erat dengan Karhutla dan kabut asap di sekitar wilayah tersebut.

“Saya kira memang ada unsur kesengajaan, karena keberadaan dan aktivitas alat berat ini seperti membersihkan wilayah yang bekas terbakar,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa temuan tersebut akan ditindaklanjuti serta dilakukan peningkatan pengawasan.

“Yang jelas apapun yang ditemukan akan ditindaklanjuti. Temuan-temuan seperti itu juga akan menjadi perhatian di lapangan. Di lokasi yang rawan, pengawasan akan ditingkatkan berbarengan dengan upaya penegakan hukum,’’ tandasnya. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles