spot_img

Sambut Hari Ikan Nasional, DKP Jayapura Gelar Aksi Bersih Pantai

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Dalam rangka menyambut Hari Ikan Nasional yang jatuh pada tanggal 21 November mendatang, puluhan pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Jayapura bersama Korps Alumni AUP/STP Jakarta Provinsi Papua dan Siswa Siswi SMK Pelayaran AMPARI menggelar aksi bersih bersih di Pesisir Pantai Hamadi, Jayapura, Papua, Jumat (13/11).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Jayapura, Elsye Rumbekwan kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan, aksi bersih bersih di Pantai Hamadi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dinasnya untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat khususnya para generasi muda, betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kebersihan lingkungan ini regulasinya sudah jelas karena ada perda tentang kebersihan, tapi kalau untuk laut, mau ada peraturan atau tidak ada peraturan, setiap orang yang tinggal di darat ataupun di laut, harus meyadari bahwa, pesisir maupun bentangan sungai yang masuk ke laut itu harus kita jaga kebersihannya”, tuturnya.

Kata Elsye, hal ini menjadi penting lantaran aktivitas manusia di darat atau di laut yang tidak peduli kebersihan lingkungan dapat menimbulkan pencemaran yang mengancam ekosistem dilaut.

“Jika laut tercemar karena sedimen sampah, ikan tidak bisa berkembang biak, dan tentu ini berdampak pada jumlah produksi ikan. Kalau nelayan susah cari ikan, kita juga yang repot, harga ikan pasti melonjak naik”, tambahnya.

Kendati demikian, Elsye menilai kondisi perairan di Kota Jayapura hingga kini sudah sangat baik. Berbagai kegiatan penghijauan dan kebersihan yang dicanangkan Walikota mulai nampak hasilnya.

“Kami berharap, hasil yang kita rasakan sekarang ini bisa semakin meningkatkan kesadaran kita lagi, karena soal kebersihan ini bukan tanggung jawab Pemerintah Saja, tapi juga seluruh masyarakat Kota Jayapura”, pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Korps Alumni AUP/STP Jakarta Provinsi Papua, Carlos Matuan mengungkapkan bahwa, sebagai kelompok kecil yang dulu menyelesaikan studi di bidang kelautan dan perikanan, pihaknya merasa berkewajiban untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan ini.

“Ini merupakan kegiatan perdana yang kami lakukan, kedepan kami berharap bisa lebih terlibat secara penuh di even-even lain yang berkaitan langsung dengan kelautan dan perikanan, kami akan lebih aktif dan lebih eksis lagi” imbuhnya. (Surya)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles