spot_img

Pilkada OI dan Wawako Palembang Tolak Ukur Keberhasilan Giri

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Pilkada serentak pada Desember mendatang bisa menjadi sebuah tolak ukur bagi Ketua PDIP Sumsel Giri Ramandha Kiemas yang saat ini juga memegang jabatan sebagai Ketua DPRD Sumsel. Hal lain yang juga menjadi tolak ukur yakni perebutan kursi Wakil Walikota Palembang, dengan PDIP resmi mengusung nama Yudha Rinaldi sebagai calon yang diajukan ke DPRD Palembang.

Untuk diketahui, Pilkada serentak akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang di tujuh Kabupaten di wilayah Sumsel. Dimana PDIP telah menentukan pilihan calon yang akan mereka perjuangkan agar dapat menang dengan berkoalisi bersama beberapa Parpol lainnya.

“Pilkada di Ogan Ilir itu jadi tolak ukur kepemimpinan Giri sebagai Ketua DPD PDIP Sumsel sekaligus Ketua DPRD Sumsel, karena calon yang dimajukan partai berlambang banteng moncong putih itu bersaing dengan anak penguasa nomor dua di Sumsel (Wakil Gubernur),” ucap pengamat politik dan sosial, Bagindo Togar Butar butar, saat dibincangi wartawan MENARAnews.

Menurut dia, dari tujuh Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak mendatang, di Ogan Ilir lah merupakan tantangan terberat bagi PDIP untuk dapat menang. Mengingat selain calon wakil bupati Muchendi merupakan anak Wagub Sumsel, calon bupatinya sediri yakni Helmi Yahya juga merupakan putra daerah yang memang telah pernah mencalonkan diri pada periode lalu.

“Pasti persaingan seru di sini, jabatan Giri sebagai Ketua Parpol dan DPRD Sumsel tentu menjadi sorotan. Tapi terlepas dari Giri, tentu nama Ishak Mekki sebagai Wagub Sumsel juga diperhitungkan,” kata dia.

Meskipun demikian, ia juga tidak memungkiri apabila PDIP memiliki keunggulan tersendiri.

“Hanya saja PDIP juga memiliki kekuatan, yakni masih adanya peranan pendamping kader mereka yakni calon bupatinya merupakan Bupati Ogan Ilir sebelumnya yang tentu saja akan turut menjadi sorotan,” beber Bagindo.

Terlepas dari Pilkada serentak, pemilihan calon Wakil Walikota (Wawako) Kota Palembang yang saat ini memang diperebutkan para Parpol pengusung saat Pilkada 2013 lalu juga bakal menjadi tolak ukur sosok seorang Giri Ramandha Kiemas.

“Saya pikir tak hanya saya yang juga menyoroti kursi Wawako Palembang ini, masyarakat awam juga menanti siapa yang bakal menjadi pendamping Harnojoyo di sisa masa jabatannya ke depan. Di sini peran Giri tentu dilihat bagaimana lobi-lobinya dan dapatkah dia memenangkan nama yang telah disahkan oleh DPP PDIP sebagai calon Wawako Palembang tersebut,” tutup Bagindo yang juga merupakan Ketua Alumni FISIP Unsri ini. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles