spot_img

Peringati Hari Pahlawan, Paguyuban KSE USU Adakan Donor Darah

MENARAnews, Medan (Sumut) – Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Sumatera Utara bersama beberapa komunitas lainnya yakni, PDDI (Persatuan Donor Darah Indonesia) dan Rain Forest, mengadakan kegiatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Sekretariat Pramuka USU, Selasa (10/11).

Pihak Dinas Kesehatan Kota Medan melalui Rumah Sakit Adam Malik juga turut serta memfasilitasi kegiatan ini. Tidak ingin melewatkan hari penting yang menjadi peringatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, Paguyuban KSE USU berinisiatif memperingatinya dengan cara yang berbeda namun bermanfaat, yakni aksi donor darah.

Latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini dari kepedulian KSE USU terhadap pasien yang sangat membutuhkan transfusi darah.

“Kita ingin bermanfaat bagi mereka yang memerlukan darah, untuk menjadi pahlawan Kita bisa memulainya dari hal kecil seperti donor darah, karena setetes darah Kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” ucap Nurul selaku penanggung jawab kegiatan tersebut.

Sejak dimulai pada pukul dua siang hingga selesai, sebanyak seratus kantong darah yang sudah terkumpul dan siap diproses oleh pihak RS Adam Malik dan disalurkan kepada pasien yang membutuhkan. Lebih lanjut, darah yang disumbangkan dalam kegiatan ini disalurkan kepada pasien dengan hanya mengganti biaya pengelolaan oleh pihak rumah sakit, mengingat pengelolaan darah membutuhkan proses panjang agar dapat ditransfusikan kepada pasien.

Paguyuban KSE USU sendiri merupakan komunitas penerima beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat yang notabenenya aktif sebagai mahasiswa USU. Saat ini, ada lebih dari 130 penerima aktif dari berbagai fakultas. Komunitas ini juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial lainnya yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Baru-baru ini KSE USU juga mengadakan aksi sosial yakni GPS (Gerakan Pungut Sampah) dan termasuk didalamnya periksa tensi, cek darah dan konsultasi kesehatan secara cuma-cuma kepada warga yang sedang berolahraga di sekitaran Lapangan Merdekan Medan. (ded)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles