spot_img

Peringatan Hari Pahlawan, Negara Harus Perhatikan Nasib Veteran

MENARAnews, Medan (Sumut) – Bertepatan dengan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2015 hari ini, sejumlah Tentara Veteran Republik Indonesia mengikuti upacara di Makam Pahlawan, Selasa (10/11). Mereka tampak khidmat mengikuti rangkaian prosesi upacara. 

Mereka adalah para pejuang di masa kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun sudah terbilang uzur, tampak mereka masih semangat berdiri tegak dengan baret kuning ala tentara veteran. Memaknai hari pahlawan, salah satu diantara mereka menjelaskan apa sebenarnya hari pahlawan itu. Syahrial ZA, Veteran TNI AU mengatakan, hari pahlawan itu adalah hari dimana kita menghargai jasa – jasa pahlawan. Apalagi untuk para veteran yang sudah berjuang dimasa lalu untuk mempertahankan Republik Indonesia dari bangsa penjajah.

“Kami berjuang pada masa dulu, yang gugur itu kan pahlawan yah, kami ini kan sekarang veteran yah kami untuk mengenang perjuangan kami dulu,” ujarnya.

Veteran berpangkat Sersan Dua pada masa jabatnnya juga becerita tentang bagaimana perjuangannya pada saat berjuang. Dirinya mengatakan, pada saat itu ia ditugaskan pada operasi Dwikora bersama dengan prajurit yang lain. “Pada waktu itu kami berjuang di Kalimantan utara, banyak juga kawan – kawan kami yang gugur, apalagi pada peristiwa penggantungan Lukman Harun,” ujarnya dengan suara uzurnya. 

Tak hanya itu, Syahrial membagi sedikit pengalaman pahitnya pada saat operasi dwikora dimana banyak nyawa yang berjatuhan. “itu kan ditengah hutan yah, jadi kita mengenang banyak rekan kita yang gugur disana, pastinya banyak lah nyawa yang melayang pada waktu itu,” bebernya. 

Ditanyai soal bagaimana peran negara dalam memperhatikan nasib veteran, Syahrial mengatakan, pemerintah saat ini sudah cukup banyak berperan dalam kesejahteraan veteran. Dana pensiun saat ini juga sudah mulai lancar distribusinya ke para pejuang.

“Setiap bulannya kami sudah menerima dana bantuan, yah seperti gajilah sebesar Rp. 1.450.000,” ujarnya. 

Dia juga berharap pemerintah bisa lebih meningkatkan lagi kesejahteraan para veteran. ” Kita mau pemerintah lebih memperhatikan lagi kesejahteraan veteran ini, apalagi kami kan tinggal beberapa saja,” imbuhnya. 

Syahrial berpesan kepada seluruh generasi muda untuk jangan sesekali melupakan jasa para pahlawan yang sudah berjuang. Dirinya berharap Indonesia kedepan bisa lebih maju lagi sebagai bangsa yang kuat. (yug)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,043PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles