spot_img

Pengurus Baru DPP KBN Semakin Perkuat Kebersamaan Dalam Kekeluargaan

MENARAnews, Medan (Sumut) – Pengurus baru Dewan Pimpinan Pusat Keluarga Besar Nainggolan (KBN)  berpoto bersama seusai dilantik oleh Dewan Penasehat KBN, Dr. RE. Nainggolan yang disaksikan oleh ratusan peserta di Hotel Emerald Garden Medan, Jumat (13/11).

Acara pelantikan tersebut menjadi satu rangkaian dengan seminar nasional dengan tema Merajut Kebersamaan Dalam Membangun Sumut. Adapun pembicara yang hadir ialah, Prof. Bornok Sinaga (Guru Besar Unimed), Dr. Bernard Nainggolan, Pdt. Patut Sipahutar dan Prof. Parlin Nainggolan (Dosen FEB USU) sebagai moderator selama berjalannya seminar.

Prof. Bornok Sinaga yang membawakan panel pendidikan menyampaikan bahwa, sistem adat batak yang sudah lama kita pelajari memang benar menanamkan pendidikan yang berbudi luhur dan menanamkan nilai-nilai yang membentuk karakter anak dengan sistem pengajaran orang tua sebagai subjek utama dalam mendidik anaknya.

Generasi muda khususnya anak muda batak saat ini tidak sedikit yang mengalami degradasi terhadap pemahaman budaya batak dalam kehidupan keseharian. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Bernard Nainggolan melihat kondisi zaman yang bergeser ke era serba digital dan praktis.

“Budaya Batak jika tidak generasi muda yang melestarikannya maka peluang semakin menipisnya kecintaan terhadap budaya itu sendiri akan semakin besar,” ucap Bernard.

Sementara itu, kebersamaan yang dimaksudkan dalam tema seminar itu sudah menjadi ciri atau cermin keseharian orang batak. Adanya perkumpulan marga menunjukkan bahwa adanya rasa kebersamaan dan kesatuan.

“Satu hal dalam prinsip orang batak, yaitu hidup itu adalah keselamatan,” ucap pendeta GKPI yang saat ini baru saja pindah dari Kota Siantar tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPP KBN terpilih, Kombes Purnawirawan Alisman Nainggolan, SH mengatakan kepada seluruh hadirin yang hadir bahwa KBN saat ini semakin bertumbuh, dapat dilihat dari jumlah perkumpulan marga Nainggolan disetiap daerah di Indonesia bertambah jumlahnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Syeikh Ali Marbun yang memiliki hubungan erat dengan Keluarga Besar Nainggolan beserta beberapa rombongan peserta dari luar Kota seperti Parapat.

“Tujuan diadakannya acara ini, jelas untuk semakin mempersatukan keturunan Nainggolan agar semakin erat dalam membangun kebersamaan dan kekeluargaan dimana pun berada,” ucap Alisman. (ded)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles