spot_img

KPU Sisir Desa-desa Perairan di Muaro Jambi

MENARAnews, Jambi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi pada Sabtu (21/11), lalu menyisiri desa-desa perairan yang ada di wilayah Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi, yakni Desa Londerang dan Desa Rondang dalam rangka sosialisasi dan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jambi tahun 2015. 

”Jangan lupa bapak-bapak, ibu-ibu serta warga lainnya yang punya hak pilih untuk datang ke TPS pada Hari Rabu, 9 Desember 2015 jam 07.00 WIB hingga jam 13.00 WIB untuk menyalurkan suaranya,” kata Komisioner KPU Provinsi Jambi, Pahmi SY S.Ag MSi kepada masyarakat dua desa tersebut.

Selain hadir untuk menyalurkan hak suaranya, masyarakat juga dihimbau untuk menyaksikan proses penghitungan suara yang akan dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai. 

”Mari sama-sama kita awasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS agar prinsip-prinsip Pemilihan, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat berjalan,” lanjutnya. 

Selanjutnya, Pahmi meminta kepada Warga masyarakat di dua desa perairan terpencil, yakni Desa Londerang dan Desa Rondang, untuk melaporkan jika ada penyelenggara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jambi yang tidak netral dan memihak. 

”Mohon agar melaporkan ke KPU Provinsi Jambi atau KPU Kabupaten Muaro Jambi jika memang ada penyelenggara yang tidak netral atau berbuat curang,” papar anggota KPU Provinsi Jambi dua periode ini.

Saat ini, kata Pahmi, berbagai tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jambi tahun 2015 telah berjalan, mulai dari pemutakhiran data pemilih, sosialisasi, pengadaan logistik dan juga kampanye. Salah satu metode kampanye yang telah difasilitasi KPU Provinsi Jambi antara lain pemasangan alat peraga kampanye berupa spanduk, umbul-umbul dan baleho. 

”Sedangkan untuk debat publik antara calon gubernur nomor urut satu dan nomor urut dua serta antara calon wakil gubernur masing-masing telah dilaksanakan,” sebutnya. 

”Tinggal nanti akan ada debat terakhir, yakni antara pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jambi Nomor Urut Satu, Hasan Basri Agus-Edi Purwanto dengan pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jambi Nomor Urut Dua, Zumi Zola 

Zulkifli dan Fachrori Umar yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Desember 2015 pukul 20.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui TVRI Jambi, Jambi TV, JEK TV maupun RRI Jambi,” papar pria ramah ini. 

Dia menghimbau agar masyarakat Desa Londerang dan Rondang bisa menyaksikan secara langsung debat tersebut, sehingga  bisa memilih berdasarkan visi dan misi yang nantinya akan ditawarkan oleh masing-masing pasangan calon saat pelaksanaan debat. 

”Cermati visi dan misinya sebelum nanti menentukan pilihan di bilik suara pada Rabu, 9 Desember 2015,” pintanya.

Pahmi SY juga mengingatkan cara menyalurkan hak suara di Pilgub 2015, yakni dengan mencoblos nomor urut pasangan calon, atau foto pasangan calon atau nama pasangan calon menggunakan alat coblos yang telah disediakan di bilik suara. 

”Coblos menggunakan paku yang disediakan di bilik suara. Jangan menggunakan alat coblos lain yang bisa mengakibatkan tidak sahnya suara yang diberikan,” tegasnya.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi, Edison SE yang mendampingi KPU Provinsi Jambi dalam melakukan sosialisasi menyatakan agar masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas, sehingga Pilgub Jambi 2015 menjadi berkualitas. 

”Cerdas itu memilih dengan memperhatikan janji-janji politik atau visi dan misi dari masing-masing pasangan calon. Mana yang terbaik dan realistis untuk diwujudkan, mungkin bisa dijadikan pijakan dalam memilih di TPS,” ujar Edison.

Dalam kegiatan sosialisasi dan partisipasi tersebut, juga dihadiri Komisioner KPU Kabupaten Muaro Jambi, antara lain Raden Syahrudin, Elfi Prasatia, Suparmin, pejabat dan staf di lingkup KPU Provinsi Jambi, Anggota PPK Kumpeh dan Anggota PPK Taman Rajo serta jajaran PPL di dua desa tersebut. Serta dilakukan pembagian berbagai bahan sosialisasi kepada masyarakat. (GWA)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,039PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles