spot_img

KPU Katingan Berharap Logistik Cepat Sampai

MENARANews, Kasongan (Kalteng) – Pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalteng tinggal menyisakan waktu sebulan lebih. Kendati demikian sampai saat ini pendistribusian surat suara dari KPU Provinsi ke KPU tingkat kabupaten belum juga sampai. Hal ini lantas membuat pihak penyelenggara sedikit was-was.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Katingan Sapta Tjita mengaku jika pendistribusian surat suara itu bakal disalurkan pada pekan ke tiga November. “Informasinya minggu ke tiga bulan November surat suara akan sampai ke kita. Yang pasti kita masih menunggu surat suara untuk kemudian dilakukan penyortiran dan pelipatan,” pungkasnya via telepon, Selasa (3/11/2015).

Sementara itu, Komisioner Divisi Logistik dan Perencanaan Subandi kepada wartawan menerangkan jika saat ini pihaknya masih menunggu logistik surat suara dari provinsi. Dirinya mengaku belum mengetahui pasti kapan logistik itu diterima, namun dirinya menyebutkan setidaknya pendistribusian paling lambat sudah sampai pada pekan ke empat atau akhir bulan November.

“Jika terlambat maka proses penyortiran dan pelipatan juga akan terlambat, karena pengalaman terdahulu dibutuhkan waktu sekitar satu minggu. Belum lagi pendistribusian ke PPK, yang kemudian PPK menyalurkan lagi ke tingkat PPS. Pastinya memakan waktu paling lama dua minggu,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya berharap logistik surat suara dilakukan secepatnya. Disamping itu letak geografis di kabupaten berjuluk bumi penyang hinje simpei ini cukup menguras perhatian. Pasalnya sebagian besar masih mengandalkan transportasi air.

“Hampir 50 persen diangkut melalui jalur sungai. Semoga pada saatnya nanti kondisi alam kembali normal sehingga tidak terjadi kendala maupun keterlambatan,” sebutnya.

Terkait teknis pendistribusian logistik sendiri, terangnya, akan diprioritaskan untuk kecamatan-kecamatan yang paling jauh dan begitu seterusnya hingga sampai ke bagian tengah.

“Sekarang hanya butuh seharian untuk sampai paling ujung bagian utara seperti Kecamatan Bukit Raya dan Petak Malai. Begitupula untuk bagian paling selatang Kecamatan Katingan Kuala. Wilayah terjauh kita salurkan lebih dahulu dan biasanya Katingan Hilir dapat bagian akhir menjelang hari H,” katanya.

Demi menjaga keamanan kotak suara, pihaknya beserta Polres Katingan sudah membuat beberapa skenario pendistribusian logistik baik yang melalui jalur sungai maupun darat.

“Semua sudah kita pikirkan, dan teknis pengamanan kita serahkan kepada pihak kepolisian. Yang pasti sejak surat suara sampai di KPU Katingan terus dikawal kepolisian hingga kembali dengan hasil suaranya,” ujar Subandi. (KK/Raudhatul N.)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,043PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles