Konvoi Pelajar SMANSA Medan Sebabkan Kemacetan

MENARAnews, Medan (Sumut) – Konvoi kendaraan bermotor yang membawa ratusan pelajar SMA Negeri 1 Medan berkonvoi di jalanan Kota Medan, Kamis (12/11) siang. Akibatnya kemacetan panjang pun tak bisa dielakkan.

Kemacetan panjang terjadi di sepanjang Jalan Sudirman di dekat bundaran air mancur. Para pelajar didominasi menggunakan kenderaan roda empat dan sepeda motor. Sayangnya, kebanyakan pelajar sekolah negeri nomor wahid di Kota Medan ini melanggar aturan lalu lintas yang berlaku.

Terlihat, pelajar yang menaiki mobil, duduk di jendela mobil sambil berteriak menyerukan acara yang mereka gelar. Sampai-sampai ada yang duduk diatas kap depan mobil. Pelajar yang menggunakan sepeda motor pun tak ketinggalan melanggar aturan. Mereka rata – rata tidak memakai helm dan berbonceng tiga.

Sayangnya, guru yang seharusnya memberikan contoh yang baik malah mengawal mereka. Salah seorang guru yang namanya enggan disebut mencoba berkilah ketika ditanyai soal muridnya yang tidak mengindahkan aturan dalam berkendara. “Ada juga kok yang pake helm, ” ujarnya mencoba mengklarifikasi.

Beberapa pengguna jalan juga kesal dengan perilaku pelajar yang melakukan konvoi. Seperti penuturan Safarudin Rambe, pegawai negeri sipil ini mengaku sangat kesal dengan kemacetan yang terjadi. Dia mengatakan, perilaku pelajar ini tak bisa dicontoh karena merugikan masyarakat.

“Sangat mengganggu lah, masa anak berpendidikan perilakunya begitu gak ada pengawasan orang tua dan guru,”  tukasnya.

Mengetahui itu adalah pelajar SMA Negeri 1, dirinya juga mengatakan konvoi terlalu berlebihan. “Kok kayak gitu, sementang duit orang tuanya banyak, terlalu berlebihanlah kalau gitu,” imbuhnya.

Dilokasi, hanya terlihat beberapa petugas kepolisian yang berjaga. Namun sangat disayangkan mereka tak menindak para pelajar yang melanggar aturan. Salah seorang petugas polantas yang berjaga, seperti mengelak saat ditanya soal konvoi. Dirinya hanya menjawab dengan normativ. “Yah melanggar undang undang,” ujarnya sembari berjalan.

Ditanya lagi soal penindakan kepada pelanggar lalu lintas, petugas berbadan besar ini menyerahkan kepada pimpinan yang berada tak jauh dari lokasinya berjaga. Setelah ditemui, petugas tersebut tak memberikan komentar apa-apa.

Kemacetan berlangsung hampir selama  setengah jam. Dari informasi yang dihimpun, konvoi juga dikawal oleh petugas kepolisian. (yug)

{adselite}

Comments
Loading...