spot_img

Kemenhan RI Gelar Sosialisasi Regulasi dan Kesadaran Pertahanan Cyber di Kodam II/Sriwijaya

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi Mukson yang diwakili oleh Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Kamis (12/11) membuka Sosialisasi Regulasi dan Kesadaran Pertahanan Cyber di lingkungan Kodam II/Sriwijaya, bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Sriwijaya, Palembang.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama 2 hari, yakni dari tanggal 12 s.d 13 November 2015 ini merupakan kerja sama antara Kodam II/Sriwijaya dengan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjenpothan Kemehan) yang diikuti 50 personel TNI dari Kodam II/Sriwijaya serta Lanal dan Lanud Palembang.

Adapun tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh personil TNI dalam menentukan langkah konkret untuk menangkal segala bentuk ancaman yang dapat membahayakan kelangsungan berbangsa dan bernegara serta mengamankan informasi tentang negara untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, akan mendapatkan hasil yang optimal tentang pentingnya menjaga kemampuan pertahanan cyber di Indonesia.

Dirjenpothan Kemenhan, Dr. Timbul Siahaan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam II/Sriwijaya menyampaikan bahwa ketika logika perang mengalami perubahan dari konvensional menuju perang cyber, maka TNI dituntut kesiapannya untuk mengimplementasikan teknologi perang modern guna menjaga kedaulatan NKRI.

“Pertahanan cyber sebagai bagian dari pertahanan negara menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dalam koordinasi pelaksanaannya,'” ujarnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, sambung dia, kini Kemenhan juga telah dalam proses akhir untuk membentuk kelembagaan struktural pusat pertahanan cyber. Tentunya semua ini membutuhkan koordinasi dengan semua lapisan masyarakat, khususnya praktisi dan pengguna sehingga dampak yang mungkin timbul dapat diminimalisir.

“Masalah cyber adalah masalah yang mengancam kepentingan dan hajat hidup orang banyak, oleh karenanya harus diatasi secara bersama-sama oleh seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kasdam II/Sriwijaya menekankan agar seluruh peserta serius dalam mengikuti sosialisasi ini dan berharap agar dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber serta dapat dipraktekan dalam pelaksanaan tugas di Satuan masing-masing.

“Tanyakan hal-hal yang kurang dimengerti, sosialisasi ini sebagai dasar kita dalam bekerja untuk diteruskan kepada atasan di satuan masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan beberapa narasumber dari Kemehan dan pakar IT, yakni Kolonel Inf Sudi Prihatin, Kolonel Czi Hariri Dolu H, Letkol Inf Azwar Usman, dan Andi Primantoro. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles