ISIS Klaim Tembak Jatuh Pesawat Maskapai Penerbangan Rusia

MENARAnews, Kairo – Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat milik maskapai penerbangan Rusia, Kogalymavia/Metrojet dengan nomor penerbangan KGL-9268 di kawasan pegunungan Sinai Utara, Sabtu (31/10/2015).

ISIS mengklaim bahwa mereka menembak jatuh pesawat itu. Klaim tersebut ditunjukkan dengan sebuah rilisan foto dan video yang diunggah di akun jejaring sosial Twitter milik kelompok militan itu. Foto dan video itu kini tersebar viral di jejaring sosial Twitter.

Dalam video itu, ISIS memperlihatkan bagaimana detik-detik terakhir pesawat itu mengalami kecelakaan. Terlihat sebuah ledakan yang disusul dengan munculnya api dan kepulan asap hitam yang membakar pesawat itu di udara, sebelum akhirnya jatuh menuju ke tanah. Namun, tidak seperti video-video yang dirilis sebelumnya, ISIS tidak memperlihatkan bagaimana cara mereka menembak jatuh pesawat itu.

“Para pejuang ISIS telah berhasil menjatuhkan sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Rusia yang mengangkut lebih dari 220 warga Rusia. Semua penumpang telah terbunuh. Puji syukur kepada Tuhan,” tulis ISIS di akun Twitter-nya.

Akan tetapi, klaim ISIS tersebut ternyata diragukan oleh banyak pihak, karena video yang memperlihatkan kecelakaan pesawat itu tidak jelas dan gambar pesawat di foto itu bukan pesawat airbus A-321 milik maskapai penerbangan Metrojet. Banyak pihak menilai bahwa klaim itu adalah salah satu propaganda ISIS.

Pihak Rusia dan Mesir pun membantah klaim ISIS itu. Mesir dan Rusia mengklaim bahwa jatuhnya pesawat itu lebih disebabkan oleh kesalahan teknis. Otoritas keamanan penerbangan Mesir juga menyebutkan bahwa tidak ada indikasi merepresentasikan bahwa pesawat itu ditembak jatuh atau meledak di udara.

Tim SAR saat ini telah berhasil menemukan blackbox pesawat milik maskapai penerbangan Rusia itu. Blackbox ini akan mengungkap tabir, apa penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Apakah ditembak jatuh ISIS, megalami kesalahan teknis, atau karena kondisi cuaca? Kita tunggu saja.

Berikut ini video dan foto ISIS klaim tembak jatuh pesawat milik maskapai penerbangan Rusia.

{youtube}https://www.youtube.com/watch?v=vYDea6KAIo8{/youtube}

Foto-foto pesawat ditemukan jatuh di pegunungan Sinai Utara

 

Beberapa kondisi bagian pesawat yang jatuh

Pejabat di kantor perdana menteri Mesir sedang memeriksa kotak hitam pesawat tersebut

Otoritas keamanan mesir melakukan evakuasi korban

(ADF)

Image source: Daily Mail/EPA/AP

{adselite}

Comments
Loading...
error: Content is protected !!