Hore, Google Maps Kini Bisa Diakses Secara Offline

MENARAnews, Internet – Menggunakan map online sebagai penunjuk arah di lokasi yang belum kita ketahui terkadang tidak efektif dan efisien. Koneksi internet yang tidak stabil justru akan membuat pencarian lokasi dengan map online akan semakin sulit.

Tak hanya itu, paket data yang digunakan untuk mencari lokasi tersebut juga cukup besar sehingga kuota internet yang kita gunakan juga akan cepat habis.

Menyikapi kondisi tersebut, Google kembali membuat inovasi yang membuat penggunanya semakin mudah dan nyaman dalam melakukan perjalanan di lokasi baru. Pada Selasa (10/11/2015), Google mengumumkan bahwa Google Maps kini dapat digunakan untuk navigasi dan pencarian lokasi secara offline.

Amanda Bishop, Product Manager Google mengungkapkan bahwa sebagian besar atau 60 persen wilayah di dunia belum menikmati akses internet. Bahkan di tempat yang menyediakan akses online, masih terdapat beberapa tempat yang memiliki koneksi internet yang belum stabil.

“Ini adalah masalah yang cukup besar, khususnya bagi orang yang berusaha melakukan navigasi dan menjelajahi dunia di sekitar mereka, oleh karena itu Google Maps berusaha untuk membantu orang di seluruh dunia untuk menemukan arah dan mendapatkan tujuan, bahkan ketika pengguna tidak memiliki koneksi internet,” ujarnya di blog resmi Google.

“Kini anda dapat menggunakan Google Maps secara offline. Jika suatu saat anda tidak dapat menggunakan koneksi internet, Google Maps akan tetap bekerja dengan lancar,” tambahnya.

Untuk menggunakan Google Maps secara offline, pengguna harus terlebih dahulu men-download suatu wilayah dengan mencari sebuah kota, kabupaten, atau negara. Jika tempat tersebut tersedia untuk diunduh, penggunan hanya tinggal menekan tombol download yang otomatis muncul.

Setelah berhasil diunduh, Google Maps secara otomatis akan pindah ke modus offline jika pengguna berada di lokasi dengan koneksi internet yang tidak stabil atau tidak memiliki konektivitas sama sekali. Google Maps akan kembali ke modus online jika pengguna kembali mendapatkan koneksi internet.

Berbeda dengan versi online, Google Maps Offline ini memiliki fitur terbatas. Salah satunya adalah tidak dapat mengetahui kondisi lalu lintas secara live.

Kemampuan Google Maps untuk bisa digunakan secara offline ini pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O Developers Summit pada Mei 2015 lalu. Saat ini Google Maps versi offline hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Android. Untuk versi iOS sedang dalam tahap pengembangan. (ADF)

{adselite}

 

 

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!