Enam Kabupaten Rawan Distribusi Logistik

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Ketua KPU Kalteng, Ahmad Syar’I mengatakan terdapat enam kabupaten di Kalteng yang dinilai memiliki tingkat kerawanan saat pendistribusian logistik Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2015.

Keenam kabupaten tersebut yakni, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Kabupaten Barito Utara

“Ada enam kabupaten yang kita nilai rawan. Namun tingkat kerawanan itu dinilai dari jarak tempuh, kondisi geografis, cuaca, sarana dan prasarana transportasi yang belum memadai sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan ke daerah lainnya, “ ungkap Syar’I, saat menghadiri Rapat Koordinasi di Gedung Paripurna DPRD Provinsi Kalteng, Senin (30/11/2015) Kota Palangka Raya.

“Untuk Kabupaten Murung Raya yang rawan adalah Kecamatan Seribu Riam, Murung, dan Tanah Siang. Untuk Kabupaten Gunung Mas yakni Kecamatan Manuhing Raya, Miri Manasa, dan Damang Batu. Sementara Kabupaten Kotawaringin Timur yakni Kecamatan Mentaya Hilir, Antang Kalang, Bukit Satui,” ungkap Syar’I.

Selanjutnya, Kata Syar’I untuk Kabupaten Katingan berada di Kecamatan Katingan Hulu, Bukit Raya, Petak Bukit, dan Katingan Kuala. Kabupaten Kotawaringin Barat tepatnya di Kecamatan Kumai, dan Arut Utara. Kabupaten yang terkahir yakni Kabupaten Barito Utara di Kecamatan Gunung Purei, dan Kecamatan Lahai.

“Memang dari teknis pendistribusian untuk 6 Kabupaten, perlu adanya dukungan dari Pemerintah Daerah terutama transportasi yang memadai sesuai medan, kalau perlu pembiayaan. karena KPU Provinsi Kalteng tidak menyiapkan anggaran untuk pendistribusian khusus daerah-daerah yang jauh,” jelasnya.

Salah satu contoh saja, Kata Syar’i, Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya, menurutnya, sangat jauh,dan memerlukan kendaraan double gardan yang sesuai dengan jalan yang masih tanah dan tidak beraspal. Belum lagi, Katanya, kondisi jalan becek pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Dikatakan Syar’i kembali, logistik surat suara dipastikan hari ni akan datang. Teknis pengiriman sendiri, katanya lebih dalam, dimungkinkan per wilayah seperti, Lamandau, Kotawaringin Barat, Sukmara dimana ekspedisinya ditangani langsung oleh Kantor Pos.

“Kita belum mendapat informasi kabupaten mana aja yang didahulukan. Surat suara nanti langsung di kirim ke Kabupaten melalui jalur Kantor Pos dan pengiriman paling lambat tanggal 2 Desember 2015 sudah ada di masing-masing Kabupaten/Kota,” lanjutnya yang juga dosen Unpar ini.

Saat ini KPU Provinsi Kalteng sudah menerima kiriman sebanyak 16 Kodi Formulir Pemilihan Umum yakni Formulir Model C-KWK sampai model C6-KWK, dan Formulir D sampai DA7-KWK yang nantinya akan disegel terlebih dahulu dan segera dikirimkan ke kabupaten.

“Sementara ada tiga kabupaten yang belum kita terima formulirnya yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Katingan, dan Kapuas. Ya kita pastikan tanggal 8 Desember 2015, logistik Pemilukada sudah ada di TPS-TPS masing-masing kabuapten/kota,” tutupnya. (Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,036PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles