spot_img

BP3TKI: Prosedur Penempatan Secara Benar Diyakini Dapat Melindungi TKI di Luar Negeri

MENARAnews, Pangkal Pinang (Babel) – BP3TKI Palembang kembali melakukan sosialisasi di wilayah kerjanya yang potensial mengirimkan TKI ke luar negeri. Lokasi sosialisasi kali ini adalah Kel. Pintu Air, Kec. Rungkai dan Kel. Kacang Pedang, Kec. Gerunggang, Kota Pangkal Pinang. Meski Pangkal Pinang bukan pengirim TKI yang besar dibandingkan wilayah kerja BP3TKI Palembang lainnya, namun Pangkal Pinang memiliki potensi Calon TKI yang besar.
 
Sosialisasi yang diselenggarakan oleh BP3TKI Palembang ini bekerjasama dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pangkal Pinang. Sosialisasi ini bertujuan menyebarkan informasi Prosedur Penempatan dan Perlindungan TKI yang benar, lima tata cara keberangkatan TKI, moratorium TKI informal ke Timur Tengah serta pentingnya e-KTKLN dalam perlindungan TKI.
 
Diskusi yang berkembang dalam sosialisasi di kedua lokasi di Pangkal Pinang ini antara lain mengetengahkan mengenai kehadiran negara dalam perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan memastikan prosedur penempatan TKI yang baik dan benar.
 
“Prosedur penempatan secara benar diyakini dapat melindungi TKI di Luar Negeri,” papar Mangiring H. Sinaga, Plt Kepala BP3TKI Palembang yang menjadi narasumber sosialisasi.
 
Peserta sosialiasi berjumlah 40 orang di tiap-tiap lokasi, yang terdiri dari 25 orang pencari kerja dan 15 orang gabungan tokoh pemuda, tokoh agama, serta tokoh masyarakat perangkat kelurahan. Dengan beragamnya latar belakang peserta tersebut, Mangiring mengharapkan sistem “ketok tular” informasi yang disosialisasikan akan semakin menyentuh banyak pihak sehingga dapat mencegah keberangkatan munculnya keberangkatan TKI dengan cara non prosedural. 
 
“Saya mengajak para tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan perangkat kelurahan RT/RW untuk bersama-sama menjadi ujung tombak dalam pencegahan TKI Non Prosedural melalui media dan wadah-wadah tradisional di wilayah masing-masing. Mari kita selamatkan anak cucu kita dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang ingin mengeksploitasi mereka dengan kedok menjadi TKI!” ajak Mangiring. (MA)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles