spot_img

UNTAN: Ada Yang Iseng Menggambar Lambang Mirip PKI di Kampus

MENARAnews.com, Pontianak (Kalbar)Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat masih melakukan pengembangan terkait ditemukannya simbol atau lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) di belakang sekretariat BEM Fakultas Pertanian Untan Pontianak.

Sementara itu Pihak Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui secara pasti lambang atau simbol tersebut tujuannya apa hingga ada di wilayah kampus.

Dekan Fakultas Pertanian Untan, Radian mengatakan pihaknya sudah menanyakan kepada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pertanian Untan lantaran pihak BEM menyatakan bahwa simbol atau lambang yang mirip lambang PKI tersebut sudah ada sejak dua tahun lalu.

“Jadi pihak BEM menyatakan bahwa bukan pada saat kepengurusan BEM sekrang namun gambar tersebut sudah ada sekitar dua tahun yang lalu,” ungkap Damian, Kamis (8/10/2015).

Ia menjelaskan diketahui gambar tersebut memang tidak ada tulisan namun ada dua gambar yang memiliki kemiripan seperti lambang atau simbol PKI. “Sebenarnya gambar tersebut sudah pudar dan gambar palu juga tidak terlalu begitu jelas jadi seolah-olah mirip gambar palu arit,” katanya.

Menurutnya saat ini gambar tersebut sudah dihapus oleh petugas kepolisian dan di beri garis polisi lantaran masih dalam penyelidikan kepolisian.

Menurutnya pihak fakultas tidak mengetahui secara pasti adanya gambar mirip lambang PKI tersebut lantaran letak sekretariat BEM berada jauh di belakang kampus serta gambar tersebut juga kabur atau tidak jelas.

Ia menduga ada tindakkan iseng yang dilakukan orang dengan mengambar dinding di wilayah Kampus. “Jadi tidak ada unsur sengaja dari fakultas membiarkan gambar ini karena gambar tersebut juga tidak diketahui secara pasti,” katanya.

Terkait hal ini pihaknya menyatakan tidak ada melaporkan kepada pihak aparat namun yang melaporkan adalah pihak luar yang mengetahui adanya gambar tersebut.

Sementara itu dihubungi terpisah, Direktur Binmas Polda Kalbar, Kombes Pol Suhadi SW mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan sejumlah pemeriksaan dan penyelidikan terkait lambang yang diduga atau mirip lambang PKI tersebut.

“Saat ini, gambar berupa palu, arit dan tengkorak sudah kami hapus dengan cara dicat, sementara lokasinya sudah dipasang garis polisi dan masih dilakukan pemeriksaan dengan memanggil BEM Pertanian,”  ungkap Direktur Binmas Polda Kalbar, Kombes Pol Suhadi SW.  (MN)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles