SIM Online Sudah “Launching” di Medan

MENARAnews, Medan (Sumut) – Satuan Lalu lintas Polresta Medan melakukan launching pengurusan SIM berbasis online. Kompol M. Hasan, Kasat Lantas Polresta Medan langsung meresmikan SIM online tersebut di Markas Satlantas Polresta Medan, Selasa (6/10).

M.Hasan mengklaim pengurusan SIM dan perpanjangan berbasis online ini dianggap akan mampu menyaingi pengurusan lamanya yang berbasis. Pengurusan SIM online ini memiliki keunggulan, bagi warga diluar Sumatra dapat langsung mengurus SIM didomisili tempat dia bertinggal. SIM online juga mampu mebghindari sistem percaloan yang sedang marak.

Tak hanya itu, dari aspek kecepatan waktu pelayanan ini juga lebih unggul. Pemohon hanya butuh menunggu 5 menit saja pembuatan SIM baru atau perpanjangan. Saat ditemui, Kasat Lantas Polresta Medan, Kompol M Hasan mengatakan, pihaknya resmi telah membuka layanan baru dalam prosedur pengurusan SIM. Walau masih memasuki tahap uji coba, pelayanan baru ini menjadi metode guna menghindari calo.

“Tadi pagi sudah kita coba SIM Online. Jadi tujuannya SIM Online ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan, contohnya mereka yang di luar Sumatera bisa membuat SIM di sini (Mapolantas Polresta Medan). Jadi pemohon SIM tidak perlu kembali ke kampungnya”, jelasnya.

Lebih lanjut Hasan mengatakan untuk biaya yang akan dikeluarkan pemohon tergolong murah. Pemohon hanya dikenakan Rp 100 ribu untuk pembuatan SIM C baru, dan Rp 120 ribu untuk SIM A.

“Untuk biayanya, perpanjangan SIM C Rp 75 ribu, SIM A Rp 80 ribu. Untuk pengurusannya pemohon wajib membawa persyaratan berupa KTP, SIM lama dan surat kesehatan”, ujarnya.

Dalam peresmian SIM Online itu, turut hadir Dirlantas Poldasu, Kombes Pol I Wayan Sunartha, Kabag Perlengkapan Dishub Medan, Sunaryo dan PJ Walikota Medan, Randiman Tarigan. (yug)

Comments
Loading...