spot_img

Seminar Pra Konferensi Regional Administrasi Publik se-Sumatera

MENARAnews, Medan (Sumut) Mahasiwa FISIP USU telah menggelar Seminar Pra Konferensi Regional Administrasi Publik Sumatera dengan tema “Good Local Governance”(2/10). Ratusan mahasiswa turut memberikan antusiasmenya dengan menghadiri acara yang dilaksanakan di Aula FISIP Universitas Sumatera Utara.

Acara dimulai pada pukul 14.00- 16.00 WIB dengan dihadiri oleh Drs. Koni Ismail Siregar, Wakil Walikota Pematang Siantar 2010-2015, Drs. Rasudyn Ginting, M.Si, Ketua Departemen Administrasi Negara FISIP USU, Dra. Asima Yanti Siahaan, M.A, P.hD, Dosen Administrasi FISIP USU dan Ganda Yoga Pangestu, Ketua Ikatan Mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara FISIP USU.

Pelaksanaan Seminar Seminar Pra Konferensi Regional Administrasi Publik Sumatera merupakan  serangkaian kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan konferensi Regional Administrasi Publik se- Sumatera dengan mengambil studi kasus di Kota Binjai, Kab. Langkat dan Kab. Karo. Selain itu, Seminar Pra Konferensi Regional bertujuan untuk melakukan uji awal kepanitian sekaligus upgrading mahasiswa USU dalam menghadapi Konferensi Regional Administrasi Publik se- Sumatera yang diadakan pada 13- 15 November mendatang.

Melihat dari beberapa permasalahan dimana belum tercapainya konsep good governance masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga berdampak pada kurangnya efektivitas kinerja pemerintah dan partisipasi masyarakat terhadap pemerintahan.

“Implementasi konsep good governance di daerah masih sangat jauh dari harapan yang berada pada kategori rendah, baik di Pemerintah Kota Binjai, Kabupaten Langkat, maupun Kabupaten Karo. Hal tersebut dikarenakan kurangnya respon pejabat  dan tidak jelasnya mekanisme dalam menanggapi keluhan masyarakat tersebut, menyebabkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah menjadi berkurang.” Ujar Drs. Rasudin Ginting, M.Si, Ketua Departemen Ilmu Administrasi Negara FISIP USU.

“Memiliki fungsi internal yaitu kinerja administrasi pemerintah (fasilitasi proses yang cepat, transparan, akuntabel, efisien, efektif dan penghematan biaya). Serta secara eksternal yaitu interaksi dengan publik, warga negara, bisnis dan institusi2 lain Pelayanan publik (kecepatan, transparansi, akuntabilitas, efisiensi, efektifitas).” Tambahan dari Dra. Asima Yanti Siahaan M.A, P.Hd, Dosen Administrasi FISIP USU. (Rmy)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles