Peringati Sumpah Pemuda KNPI Sumut Gelar Donor Darah dan Bagi Masker

MENARAnews, Medan (Sumut) – Bertepatan dengan hari Sumpah pemuda, KNPI Sumut menggelar donor darah gratis dan membagikan masker kepada pengguna jalan, Rabu (28/10). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian KNPI kepada masyarakat yang terkena paparan asap dari kebakaran hutan di Riau dan Kalimantan.

Ketua KNPI Medan, Sugiat Santoso mengatakan aksi donor darah akan dilakukan tiga bulan sekali secara rutin. Sedangkan pembagian masker adalah untuk menyikapi bencana asap yang sampai saat ini belum mampu diatasi pemerintah. “Ini sudah terjadi lebih dari tiga bulan, dan apabila tidak diantisipasi akan berdampak pada kesehatan masyarakat,” ujarnya.

KNPI berharap pemerintah bisa dengan cepat mengatasi kabut asap, jangan sampai lebih banyak lagi korban yang berjatuhan karena korban paparan asap. “Pemerintah harus cepat dalam mengatasi bencana kabut asap, dengan memadamkan, namun pemadaman jangan menimbulkan asap,”katanya.

Sugiat juga meminta pemerintah untuk menindak tegas oknum yang melakukan pembakaran hutan. Pemerintah harus tegas untuk menangkap pelaku baik individu dan korporasi. “Sampai sekarang kan masyarakat belum tau siapa pelaku baik individu dan perusahaan besar dan apa sanksi yang diberikan kepada mereka,” ujarnya.

Hari ini DPD KNPI Sumut membagikan 5000 masker yang tersebar di beberapa titik di Kota Medan. Pihaknya juga menargetkan 100 kantong darah per harinya.

Menanggapi soal kondisi kepemudaan saat ini Sugiat beranggapan pemuda harus siap menghadapi masyarakat ekonomi asean yang akan diberlakukan mulai akhir tahun ini. “Kalau kita tidak mengupgrade diri baik skill, wawasan intelektual, kita akan tertinggal,” ujarnya.

Menghadapi MEA, KNPI akan melakukan training terkait skill individu pemula agar memiliki daya saing hingga tingkat ASEAN. “Program kita satu periode ini akan lebih menekankan tentang training life skill untuk meningkatkan daya saing pemuda di sektor ekonomi khususnya kewirausahaan,” paparnya.

Meskipun baru dilantik 23 November DPD KNPI Sumut sudah membuktikan dengan berhasilnya kader KNPI sudah berhasil dengan budidaya udang di Kabupaten Langkat. Program tersebut adalah hasil kerjasama KNPI dengan kementrian kelautan dan perikanan RI.(yug)

{adselite}

Comments
Loading...