spot_img

Peringati Hari Nusantara Ke 15, Indonesia Harus Mampu Berdaulat Dibidang Energi

MENARAnews, Medan (Sumut) – Pengunjung tampak sangat antusias mengunjungi stand  pameran sumber daya energi terbarukan dari Kementrian ESDM di pelataran parkiran Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (13/10).

Memperingati hari Nusantara yang ke-15, Kementrian ESDM bersama pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Universitas Sumatera Utara mengadakan Seminar,Pameran dan Roadshow seputar energi terbarukan.

Adapun tema kegiatan tersebut mencakup optimalisasi kekayaan energi dan sumber daya mineral untuk pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui , pengembangan inovasi energi terbarukan dengan disersifikasi dan inovasi energi di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya yang dibawakan oleh Irjen Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM, Muchtar Husein mengatakan bahwa  pengelolaan industri yang akuntabel dan transparan keterlibatan industri nasional dalam pengelolaan informasi publik akan menjadi pondasi yang kokoh dalam pemanfaatan serta penggunaan energi di Indonesia.

Menyikapi permasalahan krisis energi di Indonesia, pencarian dan pengelolaan energi terbarukan harus semakin digalakkan untuk menopang permasalah tersebut.

Untuk mensukseskan program tersebut, sinergi dan penguatan kelembagaan perlu dilakukan dengan berbagai penataan regulasi sektor ESDM, Sinergi BUMN Sektor Energi, Transformasi PLN dan Pertamina, serta berbagai kerjasama pemerintah dengan para pemangku kepentingan baik nasional maupun global.

Melalui hal tersebut maka diyakini  program strategi sektor ESDM yaitu, perbaikan bauran energi, pembudayaan konservasi energi, eksplorasi migas yang intensif, peningkatan produksi, pembangunan infrastruktur dan industri penunjang akan dapat terealisasi.

Dengan mengurangi beban subsidi energi fosil, mengeluarkan kebijakan feed in tarrif untuk penerapan harga beli listrik dan mendorong pengembangan pembangunan kawasan energi bebas fosil makan akan mempercepat target tersebut. (ded)

 

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles